5 Cara Memilih Dasi yang Wajib Gentlemen Ketahui | Breaktime
5 Cara Memilih Dasi yang Wajib Gentlemen Ketahui
17.02.2016

Dasi merupakan salah satu fashion item wajib untuk para pria. Sayangnya masih banyak dari B’timers yang belum memahami cara memilih dasi yang benar sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Nah, kali ini Breaktime memberikan sedikit trick untuk menyiasati pemakaian dasi Anda lebih sempurna.

What kind of outfit you wear?

Sebelum melangkah jauh untuk memilih dasi sebaiknya Anda memilih outfit yang pas untuk dasi Anda. Jelas jaket atau jas merupakan pilihan paling elegan untuk dipadukan dengan dasi. Pilih jas dengan warna netral atau navy blue agar bisa dipadukan untuk semua dasi milik Anda.

Sedangkan untuk kemeja sebaiknya Anda memilih warna polos putih dan biru. Namun pink dan abu-abu dengan sedikit garis-garis juga pilihan yang pas untuk menemani dasi Anda. Pointnya adalah dasi harus bisa selaras dengan outfit yang Anda kenakan.

5 Cara Memilih Dasi yang Wajib Gentlemen Ketahui | Breaktime
Jas formal memang tidak pernah salah dipadukan dengan dasi apapun

How big your tie should you wear?

Ukuran aman untuk lebar dasi yang setidaknya harus Anda miliki adalah sekitar 7-9 cm. Dasi yang terlalu lebar atau terlalu kecil akan memberi kesan tidak rapi. Jika B’timers kesusahan mencari lebar yang pas untuk Anda, cocokkan lebar dasi dengan lebar kerah. Jika tidak terlalu banyak perbedaannya maka B’timers sudah menemukan dasi yang tepat.

5 Cara Memilih Dasi yang Wajib Gentlemen Ketahui | Breaktime
kira-kira bagus motif yang mana ya untuk kemeja ini?

What kind of pattern and color should you choose?

Cara memilih dasi selanjutnya adalah menentukan motif dan warna yang pas untuk Anda kenakan. Pola apapun sebenarnya cocok untuk Anda. Namun, B’timers harus tetap menyelaraskannya dengan kemeja yang dikenakan. Pastikan pola dasi Anda tidak 100 persen sama dengan pola kemeja Anda.

Untuk pemilihan warna, B’timers bisa memilih deep blue, royal purple, dan olive green. Namun warna yang lebih cerah jelas memberi perhatian tersendiri dalam penampilan Anda. Jika B’timers ingin terlihat lebih funky elegant, pilih warna merah, oranye, dan kuning untuk menemani kemeja biru atau hitam Anda.

5 Cara Memilih Dasi yang Wajib Gentlemen Ketahui | Breaktime
Pilah pilih jenis kain dasi yang pas untuk Anda kenakan

What kind of fabric should you choose for ties?

Beragam jenis kain yang digunakan dalam pembuatan dasi kadang membuat bingung dalam memilih. Pembelian terbaik yang bisa Breaktime sarankan adalah pilihlah dasi sutra. Selain memberi nuansa mewah, juga bisa dipadukan dengan berbagai jenis kemeja Anda.

Dasi berbahan kasmir, satin, dan polyester bisa jadi pilihan yang tepat selanjutnya setelah dasi sutra. Bahannya yang kaku namun tetap terlihat natural menggantung di leher Anda. Tentunya untuk masalah harga ketiga dasi tersebut lebih terjangkau dibandingkan dasi sutra.

Sudah paham tentang cara memilih dasi yang tepat untuk keseharian Anda bukan? Tidak ada lagi ceritanya salah pakai dasi lagi donk. Selamat mencoba, B’timers! (ft)

Share This Article