4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur | Breaktime
4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur
03.11.2015

Pelumas pada rutinitas mencukur Anda merupakan salah satu hal terpenting. Pelumas yang tersedia pun terdiri dari beragam pilihan kandungan dan bahan. Saatnya cari tahu lebih dalam tentang bahan pelumas apa yang paling cocok untuk B’timers:

Aerosol

4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur | Breaktime
Pilihan yang kurang baik untuk bercukur

Sebagian besar dari Anda mungkin biasa bercukur dengan pisau cukur plastik dan gel, busa, atau krim yang langsung dari kaleng aerosol. Namun bahan-bahan yang terkandung pada krim aerosol cenderung berbahaya untuk wajah, seperti propana dan sulfat. Harga krim ini cenderung murah, tetapi efek samping penggunaan jangka panjang dari produk ini dapat mengeringkan kulit Anda dan menyebabkan penuaan dini.

Krim aerosol ini pun biasanya mengandung pengharum buatan untuk menutupi bau propelan yang menyengat. Hal ini tentu saja akan tidak nyaman bagi B’timers yang memiliki kulit sensitif. Sisi baik dari krim aerosol kaleng adalah mudah diaplikasikan, bahkan tanpa shaving brush.

Shaving Oil

4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur | Breaktime
Ampuh melindungi kulit dari iritasi akibat pisau cukur

Minyak pre-shave adalah media yang bagus untuk melancarkan luncuran pisau cukur di wajah. Shaving oil dapat melindungi kulit dan melembutkan jenggot sebelum Anda mencukur. Shaving oil dapat melembutkan rambut dan menciptakan lapisan tipis minyak di atas kulit Anda sehingga mengurangi terjadinya iritasi. Tiga sampai lima tetes minyak sudah cukup untuk Anda bercukur. Shaving oil juga dapat digunakan mencukur rambut di kepala.

Shaving Soap

4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur | Breaktime
Busa yang dihasilkan bisa melindungi kulit

Sabun cukur menghasilkan busa yang berlimpah sehingga memberikan lapisan perlindungan terhadap kulit. Untuk mengaplikasikan sabun cukur ini biasanya menggunakan shaving brush. Sisi baiknya adalah shaving brush dapat membantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, sekaligus merapikan rambut-rambut agar siap dicukur.

Sabun cukur memiliki aroma yang lebih halus sehingga cocok untuk orang dengan kulit sensitif. Banyak pria senang dengan aroma lebih ringan sehingga tidak mengganggu aroma aftershaves atau cologne. Perbedaan antara sabun biasa dan sabun cukur adalah sabun cukur memiliki lebih banyak pelembab, sehingga tidak meninggalkan kesan kering pada wajah Anda.

Krim cukur dan sabun adalah pilihan yang lebih disukai untuk alat cukur tradisional. Sabun dan krim biasanya dibuat tanpa menggunakan propelan sintetis atau bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit Anda.

Shaving Cream

4 Pelumas Untuk Melancarkan Kegiatan Mencukur | Breaktime
Shaving cream memiliki konsistensi lembut seperti mentega

Teksturnya lembut dan tidak terlalu berair. Mudah diaplikasikan karena akan lekat dengan jari dan tidak rentan jatuh mengotori sink Anda. Jika tekstur suatu pelumas cukur terlalu cair maka biasanya hasil pelicinan pun tidak maksimal (kecuali untuk bahan oil). Jenis pelumas cukur ini dapat diaplikasikan dengan shaving brush ataupun hanya dengan tangan.

Dengan adanya keempat jenis pelumas di atas, tentunya akan semakin mempermudah aktivitas mencukur anda. Yang manakah yang menjadi pilihan Anda? (avp)

Share This Article