Cara Menata Rambut Agar Terhindar dari Kebotakan | Breaktime
4 Kiat Hindari Kebotakan untuk Para Pria
30.07.2015

B’timers, jangan pernah menyepelekan masalah rambut rontok karena bisa berujung pada kebotakan. Normalnya, rambut akan rontok sekitar 50 sampai 100 helai per hari. Perhatikan apakah rambut Anda mengalami kerontokan lebih banyak dari biasanya. Kebotakan pada kaum pria bisa terjadi karena faktor keturunan, hormonal, jamur di kepala, ketombe berlebih hingga stres.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kebotakan seperti berikut ini:

Keramas secara rutin

Rambut tipis cenderung membuat kulit kepala lebih berminyak. Bersihkan rambut dengan rutin dan benar. Gosokkan sampo secara lembut dan merata di kulit kepala. Setelah selesai keramas, gosokkan dan keringkan rambut dengan handuk secara perlahan. Untuk menghindari risiko kerontokan parah dan rambut patah, gunakan hair tonic khusus untuk menjaga rambut tetap segar.

Cara Menata Rambut Agar Terhindar dari Kebotakan
Stres juga bisa memicu kebotakan

Jangan sembarangan pilih produk perawatan

Gunakan produk perawatan khusus hanya jika Anda benar-benar mengalami kerontokan. Serum rambut akan membantu merangsang pertumbuhan rambut baru. Tapi, jika tingkat kerontokan rambut masih dalam batas normal, Anda bisa memilih jenis sampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut.

Baca Juga : 3 GAYA PENATAAN RAMBUT RINGKAS UNTUK PRIA KANTORAN

Cara Menata Rambut Agar Terhindar dari Kebotakan
Pilih potongan rambut pendek yang aman untuk rambut tipis

Konsumsi makanan bernutrisi

Beri nutrisi alami pada rambut dengan rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan dan kentang. Ingat, hindari terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein!

Jangan terlalu sering menggunakan topi

Biarkan rambut bernapas dengan tidak terlalu sering memakai topi. Selain itu, penggunaan gel, foam, dan produk penataan rambut secara terus-menerus juga bisa membuat rambut stres. 

Nah B’timers, jika masalah kebotakan sudah terlihat jelas, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli. Percayakan penanganan rambut ke tangan para profesional dan pastikan Anda melakukan keempat kiat di atas!

Share This Article