4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria | Breaktime
4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria
28.07.2015

Tidak hanya kaum Hawa, para pria pun kini lebih sadar akan pentingnya perawatan rambut. Untuk mendukung salah satu kebutuhan ini, berbagai macam produk pun telah tersedia di pasaran dengan manfaatnya yang berbeda-beda. Namun, apa yang akan Anda lakukan ketika produk-produk tersebut justru memberikan hasil yang tak diinginkan?

Jangan panik, karena semua kini ada jalan keluarnya. Segera cek dapur Anda, dan manfaatkan bahan-bahan ini untuk memaksimalkan keindahan rambut:

Madu

4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria
Madu berguna untuk melembapkan rambut

Madu yang mengandung zat pelembap adalah pilihan brilian untuk mengunci kelembutan rambut. Selain itu, madu juga dapat memperbaiki kerusakan rambut yang diakibatkan oleh panas.

Untuk menggunakannya, ambil seperempat cangkir madu dan campurkan dengan air sehingga mencapai tingkat keenceran seperti sampo biasa. Usapkan campuran tersebut pada rambut, kemudian diamkan selama 10 sampai 20 menit. Selanjutnya, bilas sampai bersih.

Perlu diingat juga bahwa khasiat dari penggunaan madu ini hanya akan bekerja ketika Anda menggunakan madu yang asli dan organik.

Minyak zaitun dan sari lemon

4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria
Campuran minyak zaitun dan sari lemon bisa mencegah ketombe

Untuk mengatasi ketombe, Anda bisa mencoba campuran minyak zaitun dan sari lemon. Tingkat keasaman dari sari lemon bisa menghilangkan  kulit mati dari kepal. Sementara itu, minyak zaitun bisa melembabkan kulit kepala untuk mencegah pengelupasan di kemudian hari.

Sebelum mengaplikasikannya, campurkan sari lemon, minyak zaitun dan air hangat dengan perbandingan yang setara. Basuh rambut Anda, kemudian aplikasikan campuran ini pada rambut. Setelah 20 menit, basuh kembali rambut untuk hasil akhir yang maksimal.

Yogurt

4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria
Dapatkan kilau rambut Anda dengan yogurt

Kandungan asam laktat pada yogurt bisa membersihkan kotoran yang membuat rambut Anda tampak kusam. Caranya pun cukup sederhana. Pertama-tama, pijatkan yogurt pada rambut yang sudah dibasahi, kemudian diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bilas rambut Anda dengan sampo.

Cuka apel

4 Bahan Alami untuk Keindahan Rambut Pria
Cuka apel untuk mengatasi rambut kusut

Untuk rambut yang mudah kusut, Anda bisa mengatasinya dengan cuka apel. Bahan ini bisa memperkuat kulit rambut dan mengembalikan tingkat pH-nya. Hasilnya adalah rambut yang lebih lembut dan mudah untuk disisir.

Setelah keramas, bilas rambut Anda dengan campuran air hangat dan cuka apel. Untuk cara yang lebih efisien, Anda bisa memasukkannya ke dalam spray bottle, kemudian semprotkan pada rambut basah.

Dengan bahan alami, rambut pun senantiasa terawat dan penampilan jadi makin memukau. Coba, ya!

Share This Article