3 Tips Memilih Fashion Batik Pria untuk Pesta | Breaktime
3 Aturan Utama Pilih Batik untuk Pesta
17.08.2015

Batik menjadi pilihan utama para pria saat menghadiri pesta ataupun acara formal lainnya. Tapi bukan berarti sembarang baju batik bisa Anda kenakan di special occasion, ya! Ada beberapa hal penting yang perlu B’timers tahu dalam memilih batik untuk pesta. Ini dia informasinya:

Pilih bahan yang berkesan elegan

3 Tips Memilih Fashion Batik Pria untuk Pesta
Hindari bahan kemeja batik yang tidak menyerap keringat

Untuk acara-acara formal, kemeja batik dengan bahan sutra bisa jadi pilihan utama. Selain bahannya yang halus dan nyaman di kulit, tampilannya juga lebih elegan. Bahan lain yang juga bisa Anda pilih adalah satin. Memiliki tampilan yang tak jauh berbeda dengan kemeja sutra, bahan ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang low-budget. 

Anda juga bisa memilih kemeja batik yang terbuat dari katun apabila acaranya dilaksanakan di tempat yang cukup panas. Bahan katun tidak hanya bisa menyerap keringat, tapi juga tak mudah kusut sehingga bisa membuat penampilan selalu tampak rapi.

Cari motif yang menonjolkan karakter Anda

3 Tips Memilih Fashion Batik Pria untuk Pesta
Motif batik berbeda tergantung daerah pemroduksinya

Menurut almarhum Iwan Tirta, sang maestro batik Indonesia, ada motif-motif batik tertentu yang mampu menonjolkan kewibawaan pemakainya. Nah, untuk acara yang sangat formal, pilihlah batik dengan motif besar karena akan membawa kesan elegan.

Untuk acara yang semi-formal, B’timers dapat memilih kemeja batik dengan motif geometris yang jadi  ciri khas batik asal Solo dan Yogyakarta. Sedangkan di acara yang terbilang lebih santai, Anda dapat mengenakan batik dengan motif pesisir yang akan terlihat lebih trendi dan luwes.

Selalu sesuaikan warna batik dengan skin tone

3 Tips Memilih Fashion Batik Pria untuk Pesta
Jika kulit Anda berwarna cerah, kenakan kemeja batik dengan warna sedikit gelap

Untuk urusan warna, tentunya setiap orang memiliki kesukaan masing-masing. Sebenarnya tidak ada batasan atau aturan dalam memilih warna kemeja batik, hanya saja harus diperhatikan bahwa setiap jenis kulit tidak selalu cocok mengenakan semua warna. Jadi, pastikan warna yang Anda pilih selalu sesuai dengan skin tone. 

Saat mengenakan kemeja batik, sempurnakan penampilan dengan tailored pant dan oxford shoes berwarna gelap. Siap tampil maksimal, B’timers?

Share This Article