Yuk Kenali Penyebab dan Solusi Kulit Berminyak | Breaktime
Yuk Kenali Penyebab dan Solusi Kulit Berminyak
07.05.2017

B’Timers bagi Anda yang memiliki kulit berminyak tentunya Anda paham dong dengan permasalahan-permasalahan klasik seperti acne breakouts, hingga makeup yang tidak pernah bisa awet menempel di wajah. Permasalahan kulit berminyak ternyata bukan hanya menjadi masalah bagi para remaja yang baru menginjak usia puber, bahkan bagi B’Timers yang sudah menginjak usia dewasa pun, permasalahan tersebut masih menggelayuti.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Punya Kulit Berminyak? Rawat dengan Masker Alami!

Kulit berminyak disebabkan oleh produksi minyak kulit, atau sebum yang berlebihan. Sebum sebenarnya sangat dibutuhkan oleh kulit Anda untuk menjaga kelembapan kulit dan menjaga agar kulit Anda tidak menjadi kering. But in this case, produksi minyak wajah tersebut terjadi secara berlebihan sehingga permukaan kulit justru terlihat mengkilap, berminyak, dan membuat penampilan Anda terlihat lusuh. Belum lagi jika pori-pori kulit Anda tersumbat minyak dan kotoran, jadilah jerawat! Apa saja ya penyebab dari kulit berminyak dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab dari kulit berminyak yang paling umum adalah bisa jadi Anda memang memiliki jenis kulit dengan kecenderungan produksi minyak yang lebih tinggi dari jenis kulit yang lain. Keuntungan dari memiliki kulit berminyak adalah, kulit Anda selalu lembap sehingga proses penuaan seperti munculnya keriput pun cenderung lebih lambat dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hanya saja, produksi minyak tersebut di saat yang sama juga menimbulkan permasalahan wajah seperti wajah terlihat kusam dan kulit wajah Anda mudah terkena jerawat. 

Yuk Kenali Penyebab dan Solusi Kulit Berminyak  | Breaktime
Kulit berminyak? Oh noes! Ini solusinya

Faktor stres juga dapat membuat kalenjar minyak di kulit Anda memproduksi lebih banyak minyak wajah lebih dari yang dibutuhkan. Konsumsi obat-obatan yang mempengaruhi hormon, dan juga penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda juga bisa mengakibatkan kulit Anda menjadi semakin berminyak. Nah, coba deh B’Timers teliti lebih dalam, apakah Anda akhir-akhir ini menghadapi hari-hari yang padat dan stressful, atau mungkin Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan KB, atau bahkan bisa jadi produk face cleanser yang Anda beli tempo hari ternyata terlalu keras dan tidak cocok untuk kulit Anda?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Pilih Sabun Muka untuk Kulit Kering dan Berminyak

Dan setelah Anda paling tidak bisa menebak penyebab dari kulit berminyak yang Anda alami, kini saatnya Anda melakukan tindakan yang tepat yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit berminyak yang Anda alami.

Obviously, solusi pertama adalah menemukan produk face cleanser yang cocok dengan jenis kulit Anda. Cairan pembersih yang mengandung ekstrak jeruk lemon atau mentimun bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih wajah lebih dari 2 kali sehari. Terlalu sering membersihkan wajah Anda dalam sehari dapat membuat minyak di permukaan wajah Anda menghilang, dan sebagai reaksi alami, kalenjar minyak akan memproduksi lebih banyak minyak untuk mengkompensasinya.

Menggunakan moisturizer cream juga ternyata dapat sangat membantu Anda dalam mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah Anda. Krim tersebut akan membantu menjaga kelembapan wajah. Manfaat berantainya adalah, dengan kondisi wajah yang senantiasa lembap, kalenjar minyak tidak akan terangsang untuk mengeluarkan minyak (sebum) dalam jumlah yang masif. Eits, tapi dalam memilih produk pelembap Anda juga perlu teliti, B’Timers. Pilihlah krim moisturizer dengan formula non-comedogenic, which means krim tersebut memiliki komposisi yang ringan dan dapat meresap dengan cepat ke pori-pori wajah dan tidak mengakibatkan penyumbatan pori-pori.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yang Harus Diperhatikan Si Kulit Berminyak Sebelum Pakai Foundation

And most importantly, jangan memencet jerawat dengan jari tangan Anda tak peduli seberapa gemas Anda. Jerawat yang pecah tidak hanya dapat meninggalkan luka bekas jerawat yang mengganggu penampilan, tetapi juga dapat menyebabkan lebih banyak jerawat muncul. So keep that in mind ya, B’Timers.

Demikianlah beberapa tips mengatasi kulit berminyak. Semoga bermanfaat.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE