Waspadai 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit | Breaktime
Waspadai 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit
20.02.2016

Kulit yang halus, cerah, sehat, dan bersinar merupakan impian setiap wanita. Sayangnya, kebiasaan buruk yang tidak Anda sadari bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Mulai dari kulit kering, berjerawat, keriput ataupun kusam sebenarnya bisa B’timers hindari dengan berhenti melakukan kebiasaan buruk berikut.

Sarung bantal yang salah

Sarung bantal umumnya terbuat dari bahan katun yang mudah kusut, akibatnya, kulit wajah akan ikut jadi keriput ketika Anda tidur dengan posisi miring. Selain itu, jika jarang dicuci, bakteri akan bersarang di sarung bantal dan menyebabkan jerawat di wajah. Untuk itu, pilih sarung bantal dari sutra yang memiliki sifat antimikroba dan tak mudah kusut.

Menggunakan handuk berkali-kali

Setiap kali mandi atau mencuci muka, Anda tentu membutuhkan handuk untuk mengeringkan badan dan wajah. Sayangnya, kain yang basah merupakan tempat sempurna untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur. Akibatnya, kulit akan mudah berjerawat dan diserang jamur. Oleh karena itu, jemur handuk hingga kering tiap selesai dipakai dan cuci minimal 3 hari sekali.

Waspadai 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit | Breaktime
Pilih produk facial dengan scrub lembut

Scrub wajah berlebih

Menggunakan facial foam atau facial wash yang mengandung scrub memang dapat mengangkat kulit mati dan kotoran dari wajah Anda. Tapi sebaiknya, pilih facial foam dengan scrub yang lembut dan tidak menggunakannya terlalu sering. Pengelupasan yang berlebihan bukannya membuat kulit wajah sehat berseri tapi dapat menyebabkan lebih banyak masalah dan jerawat.

Kurang tidur

Karena kesibukan, tak semua orang bisa tidur selama 8 jam sehari. Namun, pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup. Tujuan utamanya untuk membantu kulit memproduksi lebih banyak kolagen dan melakukan rehydrate. Produksi kolagen dan rehydrate yang terjadi saat tidur, akan membantu kulit tetap kenyal dan lembab.

Waspadai 7 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit | Breaktime
Cuci kuas makeup secara rutin

Menggunakan kuas kotor

Saat menggunakan kuas makeup, sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang ada di wajah akan menempel pada kuas. Menggunakannya berkali-kali tanpa pernah mencuci dapat menyebabkan masalah bagi kulit Anda, seperti jerawat dan iritasi. Oleh karena itu, cucilah kuas makeup hingga bersih seminggu sekali atau jika perlu gunakan kuas baru.

Menyentuh wajah saat di gym

Keringat merupakan tempat yang baik bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Sedangkan gym, bisa dibilang merupakan pusat bakteri karena selama berolahraga tentu akan mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, jauhkan tangan Anda dari wajah, terutama jika Anda menggunakan alat-alat yang digunakan bersama. Siapkan handuk cepat kering untuk menyeka keringat di wajah.

Melewatkan buah dan sayur

Buah dan sayur dengan kandungan beragam vitamin dan mineral merupakan kunci untuk mendapatkan kulit lembut dan bercahaya. Melewatkannya dari menu hari Anda merupakan salah satu kesalahan besar yang dapat menyebabkan masalah bagi kulit. Untuk itu, konsumsi sayur dan buah secara rutin setiap hari.

Yuk, mulai kebiasaan baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, B’timers! (dfr)

Share This Article