Ups, Ini Efek Tidur dengan Makeup di Wajah! | Breaktime
Ups, Ini Efek Tidur dengan Makeup di Wajah!
13.04.2016

mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Namun, meski tak berkaitan dengan hal mistis, kita memang harus membersihkan makeup sebelum tidur lho, B’timers. Kenapa ya? Apa efek tak membersihkan makeup sebelum tidur? Berikut ulasannya.

Radikal bebas

Makeup umumnya diaplikasikan di pagi hari, saat akan berangkat ke kantor, kuliah, ataupun mengantar anak sekolah. Oleh karena itu, sebelum tidur alangkah baiknya jika B’timers terlebih dahulu membersihkan makeup yang menempel di wajah.

Ups, Ini Efek Tidur dengan Makeup di Wajah! | Breaktime
Polusi udara dapat menjadi salah satu penyebab penuaan dini

Sepanjang hari, saat menempel di wajah Anda, radikal bebas berbahaya dari udara akan sangat mudah menempel dan menjadi satu dengan molekul makeup. Molekul-molekul ini, jika tak segera dibersihkan, dapat memecah kolagen kulit dan mempercepat proses penuaan.

Terlebih lagi, jika Anda tak membersihkan makeup sebelum tidur. Molekul-molekul berbahaya ini akan semakin aktif bekerja dan merusak kulit Anda selama Anda tidur. Selain itu, selama tidur kulit juga akan mengeluarkan minyak. Nah, ketika minyak dan molekul perusak ini terperangkap dikulit, bakteri akan lebih mudah berkembang biak dan menyebabkan jerawat.

Untuk itu, bersihkan hingga tuntas makeup yang menempel seharian di wajah Anda sebelum pergi tidur. Tak cukup dengan produk pembersih wajah saja, bilasan dengan air juga diperlukan agar tak ada makeup tersisa.

Pengaruh makeup

Setiap makeup memiliki kandungan yang berbeda. Oleh karena itu, efek tak membersihkan makeup terhadap kulit dan tubuh pun akan sangat berbeda. Makeup dengan kandungan minyak, akan menyumbat pori-pori wajah dan mencegah kulit bernapas dengan bebas.

Ups, Ini Efek Tidur dengan Makeup di Wajah! | Breaktime
Maskara dan riasan mata bisa mengiritasi mata

Concealer yang berfungsi menutup noda dan membuat warna kulit tampak merata dapat menyebabkan jerawat semakin memburut. Sedangkan penggunaan lipstik bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.

Namun, yang terburuk adalah riasan mata. Maskara yang menempel di bulu mata seharian, akan menyebabkan bulu mata rapuh, mudah patah, dan rontok lebih cepat. Sedangkan eyeshadow atau eyeliner dapat memicu iritasi atau infeksi mata, bahkan konjungtivitis.

Sesekali karena terlalu lelah dan tak sempat membersihkan makeup sebelum tidur, tak akan menjadi masalah yang serius bagi Anda, B’timers. Namun, jangan sekalipun jadikan ketidaksengajaan ini sebagai kebiasaan. Karena, seperti yang Anda tahu, kulit tidak memiliki ketahanan alami untuk menghadapi stres lingkungan dan kerusakan.

Oleh karena itu, untuk menghindari efek tak membersihkan makeup, cuci wajah dua kali sehari dan gunakan masker wajah untuk menjaga kesehatannya. (dfr)

Share This Article