Tips Tetap Cantik Sesuai Dengan Usia & Pekerjaan | Breaktime
Tips Tetap Cantik Sesuai Dengan Usia & Pekerjaan
12.09.2017

Wanita mana yang tidak ingin memiliki wajah cantik? Setiap wanita jelas ingin memiliki wajah yang jauh dari keriput, tetap cerah sepanjang hari, tidak kering, dan tidak berminyak. Semua itu jelas membutuhkan perawatan khusus. Menjaga kesehatan kulit wajah memang bukan hal yang mudah. Apalagi perawatan untuk setiap usia bisa dibilang sangat berbeda. Tak hanya berdasarkan usia, tetapi juga menyesuaikan dengan lingkungan Anda, khususnya bagi para pekerja.

Membiasakan diri untuk terus rutin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah memang tidak mudah. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan perawatan wajah sejak usia muda. Tetapi, usia berapa yang sesuai untuk memulai perawatan wajah?

Banyak masyarakat yang percaya bahwa merawat kulit sejak usia dini tidak bisa menggunakan sembarang produk. Lagi pula di usia yang masih sangat muda, masalah kulit seperti jerawat atau penuaan dini akan sangat jarang ditemui. Namun beberapa di antaranya percaya bahwa merawat wajah sejak usia dini akan menghasilkan kecantikan hingga tua nanti. Jadi sebenarnya sejak usia berapa yang cocok untuk melakukan perawatan wajah?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Anti Rewel Buat Buah Hati Tetap Stylish

Usia 12 – 15 tahun

Di usia ini mungkin banyak yang belum mengalami masalah kulit wajah. Namun, tak sedikit juga yang sudah mulai tumbuh jerawat karena hormon yang tidak stabil. Solusinya adalah jangan pernah memencet jerawat tersebut. Biarkan saja sembuh secara alami. Tetap imbangi dengan menggunakan facial foam yang sesuai dengan jenis kulit. Tak perlu menggunakan moisturizer setiap hari, karena justru akan menutup pori-pori. Gunakan sunblock dengan kadar SPF yang paling rendah.

Usia 17 – 25 tahun

Di usia ini, kegiatan dan aktivitas akan semakin beragam dan cenderung padat. Anda bahkan akan lebih sering terpapar sinar matahari dan polusi udara. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mencuci muka setelah beraktivitas di luar ruangan. Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Perbanyak minum air putih setiap hari. Anda juga bisa mulai melakukan facial rutin sekali dalam satu bulan. Gunakan juga masker dan pelembab untuk menjaga kulit wajah tetap bersih, sehat, dan cerah.

Usia 25 – 30 tahun

Proses metabolisme kulit lambat laun akan semakin menurun di usia ini. Produksi kolagen juga akan berkurang sehingga menyebabkan tingkat elastisitas kulit juga menurun. Di usia ini, penuaan kulit akan semakin terlihat. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak meninggalkan rutinitas perawatan wajah di usia 20an. Anda hanya perlu menambahkan produk anti-aging untuk melawan tanda-tanda penuaan seiring dengan bertambahnya usia. Ahli dermatologi Amerika, Dr. Cynthia Bailey menyarankan untuk memilih produk yang mengandung banyak kolagen, anti-oksidan, dan formula pencerah kulit. Jangan lupa juga untuk memakai sunscreen. 

Tips Tetap Cantik Sesuai Dengan Usia & Pekerjaan | Breaktime
Rajin merawat wajah sejak usia muda
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bye Catokan, Trik Buat Rambut Lurus Tetap Sehat!

Usia 30 – 40 tahun

Di usia ini tanda-tanda penuaan semakin terlihat jelas. Tanpa disadari, perubahan hormon dan efek menopause terlihat sejak 5 – 10 tahun sebelum siklus menstruasi berakhir. Menurut Dr. Nipun Jain, seorang dermatologi dari Sri Balaji Action Medical Institute, mengatakan bahwa hormon esterogen dan progesterone menyebabkan berkurangnya kolagen hingga menyebabkan elastin dan komponen penting kulit tidak stabil. Di usia ini, perawatan kulit harus lebih intensif. Memilih produk anti-aging dengan bahan konsetrat lebih tinggi dan rutin mengunjungi dokter kulit. Perbanyak konsumsi buah dan sayur juga.

Setelah paham akan cara merawat wajah sesuai usia, kini saatnya Anda harus memahami bagaiman merawat wajah sesuai dengan pekerjaan yang dilakoni.

Pekerja lapangan

Profeis di luar ruangan memang lebih berat. Anda pasti lebih sering terpapar sinar matahari secara langsung, terkena polusi, dan banyak faktor lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sunblock dengan SPF yang tinggi. Lindungi juga dengan pelindung seperti topi, kacamata, dan masker. Perbanyak konsumsi tomat untuk melindungi kulit dari sinar UV.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Model Rambut Sempurna Sesuai Bentuk Wajah

Pekerja kantoran

Bagi pekerja kantoran, Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Untuk hal ini, AC akan membuat kulit Anda cepat kering. Oleh karena itu, gunakan pelembab. Tapi ingat, jangan memilih pelembab dengan kandungan SPF yang tinggi. Gunakan pelembab dengan kandungan SPF 15 dan usahakan untuk banyak minum air putih agar tubuh dan kulit terus terhidrasi dengan baik.

Well, itulah beberapa tips merawat kecantikan kulit wajah sesuai dengan usia dan pekerjaan yang dilakoni. Kalau B’timers termasuk yang mana, nih? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE