Tips Memilih Sunscreen Wajah Sesuai Jenis Kulit | Breaktime
Tips Memilih Sunscreen Wajah Sesuai Jenis Kulit
15.11.2017

Paparan sinar matahari memang menyebabkan kerusakan serius pada kulit, seperti membuat kulit jadi kemerahan, kasar, keriput, dan efek jangka panjangnya bahkan bisa menderita kanker. Untuk itu mengapa disarankan mengaplikasikan sunscreen pada tubuh dan juga sunscreen wajah. Sayangnya saat ini masih banyak orang yang mengaplikasikan tabir surya di bagian tubuh mereka, bukan di wajah. Ini karena banyak orang yang menganggap bahwa tabir surya yang dipakai di wajah akan terasa lengket.

Nah, untuk itulah mengapa diciptakan sunscreen wajah khusus yang tidak akan menimbulkan lengket. Kulit wajah sama seperti kulit tubuh lainnya yang sangat membutuhkan perlindungan. Hanya saja, bagi B’timers yang memiliki wajah berjerawat tidak disarankan untuk memakai sunscreen, karena kadar minyak dalam produk bisa menimbulkan penyumbatan dan membuat jerawat lebih parah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rekomendasi Obat Jerawat Remaja yang Aman

Dalam studi yang dilakukan oleh Universitas Liverpool, kebanyakan orang melewatkan 10% area wajahnya untuk diolesi tabir surya. Apakah B’timers termasuk salah satunya? Bagian-bagian yang seringkali terlewatkan adalah kulit bawah alis, di antara hidung, dan tepat di bawah dahi. Padahal kulit pada kelopak mata termasuk salah satu bagian yang mudah mengalami kerusakan akibat sinar ultraviolet.

Kabar baik juga bagi para wanita bahwa tabir surya juga bisa jadi aplikasi dasar menggunakan makeup. Lalu, apa bedanya tabir surya, pelembab, dan krim pagi? Sebenarnya ketiganya dibuat dengan bahan yang bisa melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari dan polusi. Hanya saja yang membedakan adalah kadarnya. Jika krim pagi dan pelembab mungkin akan menyesuaikan dengan manfaat sebenarnya yang berfungsi untuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Sedangkan sunscreen memang dibuat untuk melindungi wajah secara full. 

Tips Memilih Sunscreen Wajah Sesuai Jenis Kulit | Breaktime
Gunakan sunscreen wajah sebelum keluar rumah
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Inspirasi Model Rambut Wanita Tanggung Terkeren

Anda bisa juga menggunakan sunscreen wajah bersamaan dengan perlengkapan makeup lainnya. Misalnya menggunakan sunscreen bersama dengan pelembab. Jika tabir surya yang digunakan mengandung mexoryl, oxybenzone, parsol, atau avebenzone sebagai bahan, berarti krim tabir surya termasuk kimia. Jadi, krim tabir surya harus digunakan terlebih dahulu pada kulit kering, lalu gunakan serum, dan kemudian barulah mengaplikasikan pelembab. Sedangkan sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide merupakan sunscreen fisik. Jadi gunakan pelembab dulu baru kemudian tabir suryanya.

Selain itu, bisa juga menggunakan sunscreen dengan foundation. Setelah menggunakan pelembab, barulah B’timers bisa menggunakan tabir surya. Tetapi jangan langsung mengaplikasikan foundation, tunggu dulu beberapa menit sampai tabir surya meresap, kemudian baru aplikasikan foundation.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Buat Kulit Bayi Tetap Sehat, Ini Rahasianya!

Jangan lupa juga untuk melindungi bibir dengan mengoleskan tabir surya juga. Bibir yang tak terlindungi akan berubah warna jadi gelap dan kering sampai pecah-pecah. Lindungi bibir dengan produk lip balm yang mengandung SPF tinggi.

Yang paling penting adalah sesuaikan tabir surya dengan jenis kulit Anda. Untuk B’timers yang punya kulit kering, paling tepat adalah menggunakan sunscreen berbahan krim. Sementara untuk kalian yang punya kulit berminyak, sebaiknya pakai sunscreen dengan bahan lotion. Setelah itu baru tentukan SPF-nya sesuai dengan kebutuhan. SPF 30 berfungsi untuk membuat kulit wajah tak berminyak. Jika Anda beraktivitas di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF 50.

Mulai sekarang, usahakan untuk selalu menggunakan sunscreen wajah agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV dan polusi udara. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE