Telinga Anda Infeksi Lubang Anting? Baca Disini! | Breaktime
Telinga Anda Infeksi Lubang Anting? Atasi dengan Ini!
06.06.2016

Anting adalah akserosis wajib para kaum wanita. Mungkin itulah kenapa para orang tua di Indonesia selalu memberikan lubang anting pada setiap bayi perempuan yang lahir. Nah, ini nih masalahnya, B’timerss. Karena sering dipasangi anting yang berganti-ganti, kadang lubang anting jadi terluka karena mengalami infeksi.

Hmm, tentu saja ini sangat menyakitkan, ya! Apalagi jika tak sengaja tersenggol dengan keras. Namun, B’timers jangan khawatir jika itu terjadi. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi infeksi pada lubang anting di telinga. Simak, yuk!

Lepas anting

Jangan menunggu hingga terluka. Jika sudah mulai merasa gatal di lubang anting, segera lepas aksesoris dari lubang telinga Anda. Kemudian, segera bersihkan telinga dengan alkohol dan kapas untuk mencegah bakteri pada lubang telinga menyebar.

Telinga Anda Infeksi Lubang Anting? Baca Disini! | Breaktime
Lepas anting jika mulai terasa gatal

Air garam

Garam bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi. Meski sangat pedih, namun cara ini cukup efektif dan cepat, B’timers. Caranya, kompres lubang anting Anda dengan air garam menggunakan kapas steril. Lakukan remedy ini selama 2 hari sekali hingga luka iritasi Anda mengering.

Baca Juga: Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

Gel lidah buaya

Selain garam, gel lidah buaya bisa digunakan sebagai remedy alami untuk mengatasi lubang telinga yang infeksi. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya ke lubang anting yang terluka. Pastikan lubang anting Anda dibersihkan dulu dengan air hangat untuk membersihkan kotorannya, ya!

Telinga Anda Infeksi Lubang Anting? Baca Disini! | Breaktime
Manfaatkan lidah buaya sebagai obat

Salep antibiotik

Jika sudah parah, kadang luka sulit untuk sembuh.  Untuk itu gunakan salep antibiotik untuk membantu membunuh kuman yang sudah terlanjur menyebar. Konsultasi dengan dokter juga perlu Anda lakukan jika luka tak kunjung sembuh juga.

Lain kali, hati-hati pilih bahan anting

Nah, jika Anda sudah mengetahui bahwa kulit telinga Anda sensitif, sebaiknya lain kali Anda berhati-hati dalam memilih bahan anting Anda. Jangan tergiur dengan model dan bentuk yang lucu. Namun, memastikan kualitas yang aman atau tidak adalah penting untuk dilakukan.

Terakhir, semoga infeksi lubang anting Anda segera sembuh ya, B’timers! (nap)

Share This Article