Tak Harus Putih, Ini Manfaat Punya Kulit Eksotis | Breaktime
Tak Harus Putih, Ini Manfaat Punya Kulit Eksotis!
29.05.2017

Beberapa di antara B’timers pasti pernah merasa minder dengan warna kulit yang cenderung gelap khas orang Indonesia. Ini adalah hal yang wajar, karena matahari bisa dibilang sebagai musuh kebanyakan wanita Indonesia. Tak heran jika wanita Indonesia lebih banyak menghindari aktivitas outdoor. Kalaupun mereka terpaksa harus pergi ke luar ruangan, sunscreen adalah solusi terbaik.

Padahal sebenarnya, matahari tak perlu ditakuti. Matahari memiliki manfaat sendiri untuk kesehatan tubuh. Sinar matahari mengubah vitamin B menjadi vitamin D yang baik untuk tulang. Memang hal ini terjadi di jam-jam tertentu. Bahkan sinar matahari juga mampu memberi mood yang baik dan mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Yuk Kenali Penyebab dan Solusi Kulit Berminyak

Lalu, bagaimana dengan manfaatnya untuk kulit? Tidak seharusnya Anda benar-benar menghindar dari sinar matahari. Apalagi jika Anda merasa takut gosong, karena pada intinya memiliki jenis kulit sawo matang justru punya manfaat besar. Breaktime pun berhasil merangkum manfaat Anda yang punya kulit sawo matang.

Tak disangka bahwa ternyata Anda yang berkulit sawo matang atau cenderung gelap berisiko lebih rendah untuk terkena kanker kulit. Hal ini dinyatakan oleh Dr. Indira Urip Tranggono yang merupakan ahli kosmetologi, bahwa seseorang dengan kulit gelap memiliki melanin yang tinggi dalam tubuhnya. Kandungan melanin tersebut yang akan melindungi Anda dari kanker kulit. Nah, kanker kulit disebabkan oleh salah satunya karena paparan sinar UV tinggi.

Bukan hanya terhindar dari kanker kulit, Anda yang memiliki jenis kulit sawo matang rupanya juga tidak mudah mengalami penuaan dini. Wah, ini nih yang paling diidam-idamkan hampir semua wanita. Namun, khusus untuk Anda yang berkulit gelap tak perlu takut mengalami keriput lebih cepat. Ini karena wanita berkulit gelap memiliki serat kolagen yang lebih banyak dan lebih tebal. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban, dan ketahanan kulit. Kata lainnya Anda yang berkulit gelap cenderung lebih awet muda.

Tak Harus Putih, Ini Manfaat Punya Kulit Eksotis | Breaktime
Tetap gunakan sunblock saat keluar ruangan
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tanpa Scrub, Kulit Cantik nan Sehat Bisa Didapat!

Berbanggalah Anda yang punya kulit eksotis. Wanita berkulit gelap rupanya juga cenderung terhindar dari radikal bebas. Serangan radikal bebas inilah yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Lagi-lagi karena banyaknya kandungan melanin yang ada pada lapisan epidermis kulit yang akan membantu lemak mempertahankan kelembaban kulit.

Itu juga berlaku saat sedang beraktivitas outdoor. Wanita dengan kulit yang lebih putih akan mudah kusam, sedangkan Anda yang berkulit gelap santai saja, karena memang jenis kulit Anda tidak akan mudah terlihat kusam. Intinya Anda hanya perlu menjaga kebersihan kulit secara rutin.

Selanjutnya adalah untuk Anda yang punya kulit gelap juga tidak akan mudah terserang osteoporosis. Mereka yang punya kulit gelap mampu menyerap kalsium lebih banyak. Ini karena banyaknya pigmen yang dimiliki mampu menyimpan cadangan vitamin D3 yang berasal dari sinar matahari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Naik Kelas dengan Tips Aplikasi Make Up Rahasia

Meski memiliki banyak manfaat, Anda yang berkulit eksotis juga tetap harus menggunakan tabir surya saat akan melakukan aktivitas outdoor. Jika Anda tidak terlalu banyak memiliki kegiatan di luar ruangan, maka gunakan sunblock dengan SPF 20 sampai 30. Namun, bila Anda pergi ke pantai atau banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, gunakan sunblock dengan SPF 30 sampai 60.

Dengan begitu, sekarang para kaum hawa dengan kulit sawo matang, tak perlu lagi minder atau bersih keras untuk mendapatkan kulit putih, karena ternyata kulit sawo matang banyak manfaatnya. Hal yang paling penting adalah tetap merawat dan menjaga kebersihan kulit Anda, ya. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE