Sunscreen Recommended? Tidak Dengan Yang Ini! | Breaktime
Sunscreen Recommended? Tidak Dengan Yang Ini!
18.11.2017

Kalau B’timers memakai sunscreen, pasti ingin supaya kulit terlindungi dari sinar matahari, kan? Apalagi di negara tropis yang panas seperti Indonesia, maunya walau sering beraktiivtas di luar, kulit tetap sehat dan terjaga. Tapi ternyata, memilih sunscreen recommended tidak asal ambil saja, lho. Karena, ternyata ada beberapa jenis sunscreen yang sebenarnya tidak aman buat kulit.

Langsung saja kita tengok, yuk, sunscreen jenis apa saja yang sebaiknya dihindari. Yang pertama adalah sunscreen dengan retinol atau vitamin A. Rupanya sunscreen jenis ini bisa meningkatkan risiko tumor pada kulit yang terpapar sinar matahari. Menurut hasil tes dari pemerintah Kanada, produk kecantikan yang mengandung vitamin A bisa membuat kulit lebih sensitif.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tampil Cantik dengan Nail Art Hacks

Makanya, kulit justru jadi lebih mudah terbakar sinar matahari. Berikutnya yang kedua adalah sunscreen dengan kandungan SPF lebih tinggi dari 50 SPF. Tinggi rendahnya kandungan SPF menentukan seberapa kuat perlindungannya untuk kulit dari sinar UVB saja, dan tidak dengan sinar UVA. Jadi, sunscreen yang tinggi kandungan SPF seperti ‘mengelabui’ ladies.

Sunscreen ini melindungi kulit dari UVB lebih lama, sehingga kulit tidak akan terbakar. Jadinya, Anda akan betah-betah saja terekspos sinar matahari di luar. Malah, kulit jadi lebih banyak menyerap UVA yang bisa merusak kulit. Nah, yang lebih teliti memilih SPF sunscreen, ya.

Sekarang sunscreen yang ketiga, nih, yaitu sunscreen yang mengandung oxybenzone. Ini adalah kandungan di dalam sunscreen yang diserap oleh kulit. Nah, bahayanya adalah kandungan ini mudah sekali menembus ke dalam kulit, bahkan sampai masuk ke dalam aliran darah. Ini alasannya kenapa kandungan ini tidak membuat sunscreen recommended.

Sunscreen Recommended? Tidak Dengan Yang Ini! | Breaktime
Make up belum tentu punya kandungan sunscreen recommended

Karena, begitu masuk ke dalam tubuh, cara bekerjanya sama seperti hormon estrogen. Dalam jangka panjang kandungan ini bisa menimbulkan gangguan pada sistem reproduksi dan tiroid. Waduh, cukup berbahaya, ya. Kalau jenis sunscreen yang keempat cukup umum, nih, yaitu sunscreen yang berbentuk bedak atau spray.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rekomendasi Obat Jerawat Remaja yang Aman

Begini penjelasan ilmiahnya, apapun jenis produk yang bisa terhirup, tidak seharusnya itu mengandung bahan kimia sunscreen. Jelas saja ini bisa berbahaya karena bisa masuk ke dalam tubuh lewat hidung. Jadi, lebih diperhatikan, ya, saat akan membeli sunscreen. Seperti yang kelima ini, yaitu sunscreen yang terkandung di dalam spray anti serangga.

Spray seperti ini sebenarnya tidak harus mengandung sunscreen karena tidak sehat dan membahayakan. Misalnya saja, spray anti nyamuk untuk kulit. Kalau suncreen harus diaplikasikan ulang tiap dua jam, maka spray obat nyamuk ini mengandung bahan kimia kuat yang cukup disemprotkan sekali saja. Nah, bisa bayangkan, kan, betapa kuatnya kandungannya?

Karena itu, kecuali Anda sedang dalam perjalanan yang panjang dan beraktivitas outdoor, misalnya sedang mendaki atau berkemah, tidak perlu memakai semprotan anti serangga yang mengandung suncreen seperti ini. Kemudian, yang keenam dan terakhir, ini adalah produk sunscreen yang biasa kita pakai sehari-hari, lho, yaitu pelembab, lip balm dan make up yang mengandung SPF.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips Memilih Sunscreen Wajah Sesuai Jenis Kulit

Sebenarnya, dari produk-produk tersebut yang mengandung sunscreen, itu hanya sepuluh persen saja yang benar-benar melindungi dari UVA dan UVB. Jadi, produk-produk ini tidak terlalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan powerful. Lebih kepada efektifnya, sih, ladies. Kalau mau kulit terlindungi, gunakan saja sunscreen yang memang khusus untuk kulit.

Memilih sunscreen recommended memang susah-susah gampang, ya. Tapi kalau B’timers lebih teliti dan memperhatikan DOs and DON’Ts-nya, pasti kulit cantik Anda akan aman deh, dari bahaya sinar matahari.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE