Stop Jerawat Berbekas dengan Cara Tepat & Cerdas | Breaktime
Stop Jerawat Berbekas dengan Cara Tepat dan Cerdas
04.04.2016

Jerawat memang mengesalkan. Selain sakit, bekas jerawat yang menghitam akan membuat penampilan B’timers tidak sempurna. Sebenarnya, jerawat maupun bekas jerawat bisa diatasi asalkan Anda tahu pasti bagaimana cara merawatnya, lho! Hmm.. seperti apa cara merawat jerawat yang benar? Check this out!

Jangan sentuh jerawat

Kebiasaan yang paling sering B’timers lakukan setelah muncul jerawat di wajah Anda adalah menyentuhnya dengan tangan. Kegiatan menyentuh maupun mengulik jerawat dengan jari ternyata akan menimbulkan peradangan lebih parah. Bakteri di tangan akan memperparah kondisi jerawat Anda sehingga lama untuk disembuhkan.

Stop Jerawat Berbekas dengan Cara Tepat & Cerdas | Breaktime
Stop, jangan buat jerawat semakin parah dengan menyentuhnya!

Berikan pertolongan pertama

Layaknya terjadi sebuah kecelakaan besar, penanganan korban dengan cepat tentu lebih diutamakan. Saat B’timers merasakan warna kulit memerah dan tanda-tanda jerawat akan muncul, ada baiknya Anda segera mengatasinya dengan menggunakan obat dari dokter maupun bahan penyembuh jerawat alami. Perasan lemon, jeruk nipis, atau bawang merah akan membantu menyembuhkan peradangan jerawat.

Waspada terhadap sinar matahari

Tanpa B’timers sadari, keberadaan sinar matahari ternyata justru memperparah kondisi jerawat maupun bekas jerawat. Sinar UV membuat warna bekas jerawat semakin menggelap sehingga tampak jelas pada wajah Anda. Atasi dengan menggunakan sunscreen yang mengandung sun Protection Factor (SPV) minimal 30 pada bagian wajah dan bagian tubuh yang sering terpapar matahari.

Stop Jerawat Berbekas dengan Cara Tepat & Cerdas | Breaktime
Jangan lupakan sunscreen untuk bagian wajah ketika bepergian, ya!

Pahami perbedaan berbagai bekas jerawat

Bekas jerawat ternyata tidak semuanya sama. Biasanya bekas jerawat bisa hilang dalam waktu 3-6 bulan setelah kemunculan jerawat. Namun, pada beberapa kasus terdapat bekas jerawat yang ternyata merusak sel kolagen kulit sehinga membutuhkan penanganan lebih lanjut. Untuk mengatasinya pun, Anda harus melewati prosedur laser maupun filler.

Tingkatkan asupan vitamin C

Vitamin C membantu membentuk kembali kolagen dalam kulit. Vitamin C juga mampu memperkuat dinding sel kulit sehingga melindungi kulit dari terbentuknya bekas jerawat maupun jerawat. Pastikan B’timers mendapatkan sekurang-kurangnya 250-500 mg dari vitamin C setiap hari. Anda juga dapat memoleskan langsung air perasan jeruk yang kaya akan vitamin C pada luka jerawat untuk mengurangi peradangan.

Stop Jerawat Berbekas dengan Cara Tepat & Cerdas | Breaktime
Berteman baik dengan vitamin C agar kulit mulus terawat

Sedia selalu gel lidah buaya

Lidah buaya memiliki khasiat untuk mengurangi pembengkakan dan bekas luka. Mengoleskan gel lidah buaya pada jerawat jelas akan membantu B’timers memerangi jerawat lebih baik. Oleskan gel lidah buaya segar pada permukaan wajah sehingga jerawat mereda. Selain itu, lidah buaya juga mampu mengembalikan kolagen sehingga membantu mengurangi bekas jerawat yang menghitam.

Penanganan jerawat serta bekasnya ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan, lho! Asalkan terbiasa, B’timers akan merasakan kulit mulus dan cerah tanpa bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Good luck, B’timers! (ft)

Share This Article