Serba-Serbi Bedak | Breaktime
Serba-Serbi Bedak
05.04.2015

Sebagai salah satu kosmetik dasar, Breaktime yakin semua wanita pasti memiliki bedak. Meskipun tidak menggunakan banyak kosmetik, cukup dengan satu kali sapuan bedak, minyak hilang dan wajah Anda kembali halus dan segar berseri. Meskipun terdengar sepele, ada baiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis bedak, agar penggunaanya lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Bedak Tabur (Loose Powder)

Serba-Serbi Bedak | Breaktime
Memiliki fungsi utama menyerap minyak di wajah

Sesuai namanya, bedak jenis ini memiliki bentuk fisik berupa butiran halus seperti bubuk. Loose powder memiliki fungsi utama untuk menyerap minyak wajah dan menjaga foundation agar awet menempel di wajah. Loose powder paling cocok diaplikasikan menggunakan bantuan kuas besar khusus bedak sehingga hasilnya lebih smooth dan merata.

Loose powder memiliki formula yang ringan sehingga cenderung cocok untuk semua jenis kulit, meskipun daya tahannya sendiri tidak terlalu lama. Karena tidak tahan lama itu lah bedak jenis ini terasa kurang praktis jika ingin digunakan seharian penuh. Bentuknya yang bubuk pun terkadang cukup menyulitkan saat hendak touch-up, apalagi saat sedang terburu-buru. 

Bedak Padat (Compact Powder)

Serba-Serbi Bedak | Breaktime
Pas dijadikan andalan untuk touch up

Bedak jenis ini selain mempu menyerap minyak di wajah, juga dapat menutup pori-pori lebih sempurna dan lebih  tahan lama dibandingkan dengan loose powder. Compact powder memiliki dua tipe, yaitu pressed powder dan two-way cake powder. Perbedaannya, pressed powder merupakan murni bedak bubuk yang dipadatkan, sedangkan two-way cake memiliki tambahan foundation. Jenis two-way cake terlihat lebih tebal saat disapukan dan bisa dipakai dengan dua cara, menggunakan sponge kering atau basah untuk hasil yang lebih tebal.

Karena teksturnya yang cenderung lebih tebal dibandingkan loose powder, bedak jenis ini lebih cocok untuk touch up. Pulaskan tipis saja agar wajah tidak terlihat seperti ‘topeng’. Bedak ini juga menjadi favorit sebagian besar wanita karena kemasannya yang handy, praktis, dan tidak mudah tumpah.

Shimmering Powder

Serba-Serbi Bedak | Breaktime
Bisa menyulap kulit jadi lebih bercahaya

Shimmering powder memiliki tekstur bubuk berwarna serta ber-glitter, dan biasa digunakan sebagai sentuhan akhir setelah selesai merias wajah. Bedak jenis ini juga bisa diaplikasikan pada punggung, dada dan lengan. 

Efek kilap bedak ini cocok saat Anda memakai busana yang agak ‘terbuka’ saat ke pesta, karena bisa membuat kulit terlihat bercahaya, dan pemakainya terlihat glam. Karena fungsi ini juga shimmering powder sebaiknya tidak digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

Meteorite Powder

Serba-Serbi Bedak | Breaktime
Paling cocok digunakan untuk finishing touch

Bentuknya seperti bulatan kecil dan berwarna-warni dan memiliki fungsi yang sama dengan shimmering powder yaitu sebagai finishing touch yang bisa membuat wajah terlihat lebih bercahaya, segar, sekaligus eksotis. Perbedaannya, meteorite powder lebih light dan natural dibandingkan shimmering powder. Gunakan kuas besar untuk mengaplikasikannya agar warna-warnanya bisa membaur dengan sempurna dan lebih halus merata di wajah. 

Dengan memilih bedak yang tepat, penampilan B’timers pastinya akan makin sempurna. Satu lagi tips yang tak boleh dilewatkan, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer sebelum memulaskan bedak agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Share This Article