Rambut Lepek Bukan Lagi Masalah! I Breaktime
Rambut Lepek Bukan Lagi Masalah!
13.09.2015

Hal yang paling mengganggu penampilan adalah pada saat rambut dalam kondisi berminyak dan tampak ‘lepek’. Make up sudah ‘hits’, outfit sudah sangat trendi, akan ‘kalah’ ketika datang saat-saat ini, di mana rambut lepek beraksi.

Rambut lepek ini diakibatkan oleh ketidakseimbangan di antara kelenjar sebaceous yang mengeluarkan sebum. Sebum adalah kandungan minyak yang melembabkan kulit kepala dan melindungi terhadap polusi. Ketika produksi sebum berlebihan, maka ini-lah yang menjadi masalah dan membuat rambut lengket dan lepek. Anda tidak ingin megalami saat itu, maka lakukan hal-hal berkut ini.

Cuci rambut dengan benar

Jangan remehkan proses pencucian rambut
Jangan remehkan proses pencucian rambut

Saat ini tersedia beragam jenis sampo yang bisa mengatasi berbagai gangguan pada kulit kepala dan rambut. Untuk kasus rambut lepek, sebaiknya gunakan sampo khusus untuk rambut berminyak atau yang memiliki ph netral. Jangan biarkan sampo mengendap terlalu lama pada rambut, semakin cepat dibilas, semakin baik. Sebaiknya, keramas dua hari sekali dan pastikan tidak ada sisa sampo yang menempel pada kulit kepala. Hindari penggunaan kondisioner, jika memang ‘harus’ sebaiknya gunakan hanya pada ujung rambut.

Saat keramas, sebelum mengaplikasikan sampo sebaiknya pijat kulit kepala dengan lembut namun tidak terlalu lama, fungsinya untuk memudahkan sampo meresap ke dalam sekaligus membersihkan minyak berlebihan di kulit kepala dan akar rambut. Bilas dengan air dingin, hindari penggunaan air panas.

Tata rambut natural

Utamakan perawatan rambut secara alami
Utamakan perawatan rambut secara alami

Hindari penggunaan serum dan gel rambut terlalu sering, karena kedua produk tersebut dapat membuat rambut B’timers semakin berminyak. Cukup tata rambut dengan cara natural.

Sisir rambut sewajarnya

Jangan menyisir rambut berlebihan
Jangan menyisir rambut berlebihan

Menyisir rambut secara berlebihan atau terus menerus akan mendorong kulit kepala untuk memproduksi minyak dengan kadar yang lebih tinggi. Gunkan sisir dari gading, plastik atau kayu dengan gigi jarang.

Keringkan rambut dengan cara alami

Perhatikan cara mengeringkan rambut
Perhatikan cara mengeringkan rambut

Pilih dan gunakan handuk lembut untuk megeringkan rambut. Cukup ditekan-tekan sampai setengah kering dan biarkan kering dengan sendirinya. Jika anda ‘harus’ meggunakan hair dryer, pilih temperatur yang paling rendah dengan jarak sekitar 15 cm dari kulit kepala.

Baca Juga : METAMORFOSIS GAYA RAMBUT RIHANNA

Gunakan perawatan alami

Jeruk nipis, cara alami atasi kulit berminyak
Jeruk nipis, cara alami atasi kulit berminyak

Air jeruk nipis mengandung bahan alami yang memberikan nutrisi pada kulit kepala dan rambut. Caranya mudah, campurkan air perasan jeruk nipis pada bilasan terakhir pada saat Anda mencuci rambut.

Rambut sehat dan mengembang indah bukan impian lagi, hindari menjadi ‘korban’ rambut lepek dengan cara-cara tadi. Selamat mencoba, B’timers!

Share This Article