Ini Dia Jenis-Jenis Foundation dan Fungsinya | Breaktime
Rahasia Alas Bedak
21.03.2015

Alas bedak merupakan salah satu produk kecantikan dasar yang memiliki peranan penting untuk kulit wajah. Masalah noda bekas jerawat atau warna kulit yang tidak merata, semua bisa diatasi dengan foundation yang tepat. Bahkan alas bedak juga dapat menentukan apakah riasan dapat “menyatu”, tahan lama, dan terlihat halus alami di wajah.

Tinted Moisturizer

Pelembap wajah dengan tambahan pigmen warna. Alas bedak jenis ini dapat membantu mengatasi warna kulit yang tidak merata, namun tidak cukup tebal untuk menyamarkan noda atau bekas jerawat. Jenis ini cocok untuk pemilik kulit normal-kering yang tidak terlalu memiliki masalah kulit. 

Liquid Foundation

Alas bedak jenis ini paling mudah membaur dengan kulit dan cukup baik untuk “meratakan” warna kulit. Pilih jenis oil-free untuk kulit berminyak dan jenis illuminating untuk kulit kering. Untuk mengaplikasikannya, gunakan kuas alas bedak, lalu baurkan dengan jari tangan. 

Stick Foundation

Foundation ini mampu memberikan full coverage namun masih terlihat sheer. Bentuknya yang praktis dan “no-fuss” ini cocok untuk B’timers yang aktif. Aplikasikan dengan sponge atau langsung dengan jari tangan Anda.

Cream Foundation

Untuk mendapatkan dewy look, campurkan alas bedak ini dengan sedikit moisturizer. Namun jika Anda membutuhkan full coverage, langsung gunakan pada wajah. Alas bedak ini cocok untuk kulit kering, pecah-pecah, dan berpori kecil. 

Cream-to-powder Foundation

Alas bedak ini memberikan hasil akhir kulit halus dan matte. Untuk menutupi noda, pulaskan alas bedak ini beberapa kali secara tipis-tipis. Jenis ini cocok untuk kulit normal-berminyak. Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindari foundation ini. Untuk mengaplikasikannya, gunakan sponge, bisa kering mau pun basah, yang berdaya serap tinggi.

Powder Foundation

Kulit berminyak dengan pori-pori besar disarankan memakai alas bedak jenis ini. Sebaliknya, hindari apabila kulit Anda kering. Foundation ini mampu memberikan medium coverage, dengan hasil yang soft dan fresh. Gunakan kuas besar untuk bedak jika ingin hasil yang sheer, dan sponge untuk full coverage.

Dari sekian banyak jenis alas bedak tersebut, sebenarnya mudah sekali kan, untuk memilih satu yang sesuai dengan kulit wajah? Tips terakhir untuk Anda, sebelum memulaskan makeup, pastikan foundation sudah kering agar riasan dapat menempel sempurna dan tidak berantakan.

Share This Article