Peran Gula Sebagai Kunci Penyembuhan Jerawat | Breaktime
Peran Gula Sebagai Kunci Penyembuhan Jerawat
24.06.2017

B’timers, apakah Anda sudah mencoba segala cara penyembuhan jerawat di sana-sini tapi tak kunjung mendapatkan hasil? Bila iya, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa hal semacam itu senantiasa terjadi? Hm, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Anda sebenarnya simpel saja. Penghambat kesuksesan Anda dalam menumpas jerawat adalah kemungkinan besar karena konsumsi gula harian yang berlebihan.

Mengejutkan? Rasanya sih tidak juga. Salah satu kelemahan utama Anda ketika hendak membasmi jerawat umumnya adalah meremehkan asupan makanan. Mentang-mentang sudah melakukan treatment jerawat mahal, Anda pun jadi lalai menyantap aneka makanan tinggi gula sesuka hati. Padahal faktanya konsumsi gula berlebih merupakan pemicu kelebihan produksi insulin. 

Peran Gula Sebagai Kunci Penyembuhan Jerawat  | Breaktime
Makanan manis adalah sahabat karib jerawat!

What? Kok bisa? Yap, jadi ketika level gula darah Anda di atas rata-rata, maka organ pankreas akan semakin aktif merilis si hormon insulin. Hormon ini pada dasarnya berfungsi sebagai hormon yang memecah gula menjadi kumpulan sel dan menurunkan level gula darah secara menyeluruh. Akan tetapi, bila berlebihan, ternyata insulin dapat menjadi penyebab jerawat tumbuh subur di area permukaan wajah Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tips-Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Sakit

Insulin ada yang dinamakan dengan sebutan IGF-1. Nah, IGF-1 ini semakin tinggi level keberadaanya di dalam tubuh maka akan semakin memperparah peningkatan produksi sebum pada kulit wajah. Bahkan nih ya, Ia juga tak segan membuat pori kulit wajah Anda semakin terbuka lebar sehingga kotoran jadi lebih mudah masuk ke dalam kulit. Bukan hanya itu, polusi dan sisa make up juga jadi gampang lengket di kulit. Ih, bisa dibayangkan kan betapa kotornya kulit wajah Anda sehingga jerawat jadi betah nongkrong di sana?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beauty and the Beast Makeup untuk Pecinta Disney

Satu lagi, konsumsi gula yang tinggi itu erat sekali gandengannya dengan kemunculan proses inflamasi. Dan seperti yang kita semua tahu, inflamasi tak akan membuat proses penyembuhan jerawat Anda bergerak ke arah yang lebih baik. Yang ada, justru jerawat pada wajah Anda akan bertambah parah. Sesuai dengan sebuah jurnal yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi minuman bersoda tinggi gula amat mempengaruhi level CRP alias Creative Protein dalam tubuh seseorang.

Peran Gula Sebagai Kunci Penyembuhan Jerawat  | Breaktime
Menggoda sih, tapi dia bikin jerawat nongol lagi

Nah B’timers, CRP merupakan satuan penghitung tingkat keparahan inflamasi yang paling akurat. Seiring dengan berjalannya studi, ditemukan bahwa dengan meminum sekaleng soda dalam sehari saja akan mendongkrak level inflamasi sampai 87 persen. Dan jika Anda meminum dua kaleng soda dalam sehari, maka tingkat inflamasi niscaya semakin meninggi ke angka 105 persen. Wah, ini sih belum lagi kalau Anda masih ikut-ikutan mengonsumsi donut, cupcake, permen dan makanan manis lainnya. Bisa meraja lela itu yang namanya jerawat!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Oh, Ini Rahasia Kate Middleton Punya Rambut Indah!

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk benar-benar teliti dalam memilih asupan makanan yang Anda lahap di setiap hari. Benar-benar jauhi makanan dengan level gula berlebih dan ganti dengan makanan dengan indeks glisemik yang rendah. Makanan dengan indeks glisemik rendah dapat ditemui pada makanan kaya serat seperti makanan dari bahan gandum utuh maupun sayur-sayuran. Hati-hati juga dalam mengonsumsi buah-buahan.

Baik itu buah-buahan segar maupun kalengan, Ia berpotensi juga sebagai momok dalam penyembuhan jerawat Anda. Jangan terkecoh karena nyatanya banyak juga buah-buahan yang punya kadar gula menakutkan seperti pada buah pisang, mangga, delima, ceri dan anggur. Boleh-boleh saja Anda mengonsumsi jjenis buah-buah diatas. Namun ingat, sekali lagi jangan berlebihan porsinya karena dimana pun yang berlebihan itu selalu tidak baik! (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE