Pakai Makeup Saat Nge-Gym, Boleh Nggak Ya? | Breaktime
Pakai Makeup Saat Nge-Gym, Boleh Nggak Ya?
25.02.2017

Makeup sudah bisa dibilang sebagai kebutuhan wanita masa kini. Kemanapun B’timers pergi pasti rasanya nggak lengkap kalau nggak pakai makeup. Senatural apapun makeup yang dipakai tentu sangat dibutuhkan. Hampir setiap wanita pasti akan menyimpan pelembab, bedak, atau lipstik di tasnya. Ini karena makeup sangat membantu dan mendukung penampilan seorang wanita. Bahkan banyak juga wanita yang merasa bahwa percaya diri mereka meningkat dengan menggunakan makeup.

Tetapi apakah itu berarti setiap kegiatan harus menggunakan makeup? Salah satunya saat akan pergi ke gym. Apakah boleh wanita yang akan melakukan exercise menggunakan makeup? Kalau dilihat secara langsung sih, sepertinya tidak perlu, karena ketika berolahraga pasti akan berkeringat dan makeup akan terlihat berantakan. Biasanya seperti itu.

Tetapi apakah ada hal lain atau fakta lain tentang penggunaan makeup saat berolahraga? Daripada B’timers penasaran, mending langsung simak ulasannya berikut ini.

Pakai Makeup Saat Nge-Gym, Boleh Nggak Ya? | Breaktime
Saat berkeringat, makeup bisa mengendap dan jadi jerawat

Tenyata, menggunakan makeup saat pergi ke gym adalah hal yang buruk. Itu akan menimbulkan dan menjadi penyebab wajah berjerawat. Menurut Dr. Anjali Mahto, seorang konsultan dermatologis dan pembicara dari British Skin Foundation, mengatakan bahwa sebaiknya Anda benar-benar menghindari makeup saat berolahraga.

Mengapa demikian? Ini karena keringat dan peningkatan suhu tubuh yang disebabkan oleh olahraga, dapat membuat pori-pori terbuka dan bisa menyumbat partikel-partikel yang ada pada makeup. Itulah yang membuat wajah berjerawat dan kulit tidak merata. Sebenarnya bukan hanya keringat yang jadi penyebabnya, tetapi juga bakteri dari alat-alat olahraga yang digunakan, seperti matras yoga, dumble, barble, atau alat olahraga lainnya.

Meskipun demikian, memakai makeup saat berolahraga tidak akan menyebabkan penuaan dini atau kerusakan kulit wajah dalam jangka panjang. Bagaimana jika B’timers berolahraga di luar ruangan? Yup, Anda sangat disarankan untuk memakai SPF demi melindungi kulit dari ganasnya sinar UV. 

Pakai Makeup Saat Nge-Gym, Boleh Nggak Ya? | Breaktime
Kalau olahraga di luar ruangan, Anda harus pakai sunblock

Dr. Mahto memang tidak sepenuhnya melarang wanita menggunakan makeup saat berolahraga. Hanya saja sebaiknya menghindari hal tersebut, kecuali sedang berolahraga di luar ruangan. Namun, tetap saja sunblock yang digunakan sebaiknya yang kaya akan mineral, karena sangat baik untuk kulit, khususnya kulit sensitive dan berjerawat.

Selain itu, cara membersihkan wajah yang benar juga harus diperhatikan. Ada berbagai jenis pembersih wajah yang bisa digunakan setelah nge-gym. Untuk jenis kulit yang kering dan benar-benar sensitif, sangat tidak disarankan untuk menggunakan pembersih minyak. Sekali lagi, kenali jenis kulit Anda dan cari pembersih muka yang cocok dengan kulit. Kalau tidak, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau konsultan kecantikan pribadi Anda.

Jadi sebaiknya mulai sekarang Anda mengurangi menggunakan makeup saat ke gym dengan pengecualian. Itu juga demi kulit wajah yang cantik, bersih, dan sehat alami, lho, B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE