Miss V Sehat Bikin Anda Lebih Percaya Diri! | Breaktime
Miss V Sehat Bikin Anda Lebih Percaya Diri!
21.09.2015

Banyak wanita yang fokus memperhatikan kecantikan dan kesehatan kulit wajah serta rambut, tapi melupakan hal satu ini. Ya, walaupun berada di area tertutup, organ intim ini justru yang paling butuh diperhatikan. Agar kesehatannya tetap terjaga, tentunya juga butuh perawatan yang istimewa dan ekstra.  Cek caranya di sini yuk, B’timers!

Perhatikan pemilihan celana dalam

Pilih celana dalam yang nyaman dan menyerap keringat
Pilih celana dalam yang nyaman dan menyerap keringat

Jagalah kebersihan celana dalam yang dikenakan agar terbebas dari bau yang tak sedap. Gunakan celana dalam dari bahan katun yang nyaman dan menyerap keringat. Hindari penggunaan celana dalam yang terlalu ketat karena seringkali berakhir dengan iritasi di area selangkangan.

Cuci bersih celana dalam sehabis dikenakan, dalam proses pencucian juga wajib diperhatikan. Jangan cuci bersama dengan pakaian, pisahkan celana dalam wadah khusus dan rendam dengan detergen. Agar vagina tetap kering dan nyaman, ganti minimal 2 kali sehari. Dan ganti lebih sering lagi saat merasa lembap atau mengalami keputihan.

Bulu-bulu halus yang ada disekitar Miss V berfungsi untuk menjaga dan melindungi dari bakteri. Jika rambut disekitar vagina tumbuh lebat dan dibiarkan panjang, rambut-rambut ini bisa jadi tempat yang nyaman buat kutu dan jamur hidup. Rapikan pubic hair yang tumbuh di area Miss V dengan menggunakan gunting khusus. Ingat cuci tangan terlebih dahulu saat bersentuhan dengan area sensitif ini. Pilih gunting kecil khusus dan selalu jaga kebersihan gunting. 

Gantilah pembalut lebih sering

Jangan malas mengganti pembalut saat sedang menstruasi
Jangan malas mengganti pembalut saat sedang menstruasi

Catat jadwal menstruasi tiap bulannya apakah teratur dan tepat pada tanggal yang sama. Saat tamu bulanan datang, jangan malas untuk selalu mengganti pembalut setiap 4 hingga 5 jam sehari. Pembalut yang baik memiliki daya serap tinggi, lembut, nyaman, dan tidak menyebabkan iritasi saat dikenakan. Bersihkan juga vagina secara menyeluruh dengan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko lembab dan bau yang tidak sedap disekitar Miss V.

Perhatikan ketebalan pembalut yang sering membuat sirkulasi udara menjadi terasa lebih panas. Sebaiknya jika sudah mendekati akhir masa menstruasi, ganti pembalut dengan yang lebih tipis. Agar lebih higienis, gunakan pouch kecil untuk membawa pembalut saat sedang bepergian.

Banyak dari kita menggunakan fasilitas toilet umum, namun tidak begitu yakin dengan kadar kebersihan dari tempat duduk kloset. Bakteri lebih banyak timbul di area tersebut. Untuk menjaga kebersihan Miss V, selalu alasi terlebih dahulu bagian tempat duduk dengan tisu bersih.

Jaga kesehatan Miss V dari dalam

Sehat dimulai dari nutrisi penting untuk tubuh
Sehat dimulai dari nutrisi penting untuk tubuh

Nutrisi alami juga berperan penting untuk kesehatan reproduksi. Makanan bergizi seperti sayuran hingga buah-buahan yang banyak mengandung protein, zat besi dan vitamin. Hindari makan junk food, minuman beralkohol dan kafein hingga rokok yang tidak baik untuk sehatnya tubuh.

Mungkin terdengar sepele, padahal merawat Miss V itu penting!. Lakukan kiat ini setiap hari agar Miss V tetap bersih dan semakin percaya diri.  Berbagai masalah kewanitaan dalam organ intim seperti keputihan atau gatal-gatal akibat jamur pasti tidak akan datang kembali.

Share This Article