Mengalami Rambut Rontok? Mungkin Ini yang Terjadi!
Mengalami Rambut Rontok? Mungkin Ini yang Terjadi!
25.02.2016

Para wanita pasti tak lepas dari masalah rambut rontok, apalagi bagi mereka yang berambut panjang. Sudah menjadi hal yang wajar jika di mana-mana terlihat helaian rambut yang jatuh dari kepala Anda. Normalnya, orang akan kehilangan rambutnya 50 hingga 100 helai per hari. Dan itu tidak akan menyebabkan penipisan karena rambut baru akan tumbuh dalam waktu yang sama.

Namun bagaimana jika rambut rontok tersebut tak terkendali dan melebihi batas normal? Apa yang terjadi? Benarkan itu satu tanda bahwa Anda mengidap penyakit serius? Jangan buru-buru panik. Sebaiknya baca informasi di bawah ini dan temukan apa yang membuat rambut Anda rontok dalam jumlah yang banyak.

Rambut rontok normalnya 50 hingga 100 helai dalam sehari
Rambut rontok normalnya 50 hingga 100 helai dalam sehari

Penyebab rambut rontok

Penyebab paling umum rambut rontok adalah faktor genetik atau keturunan. Keluarga juga mempengaruhi usia di mana Anda mulai kehilangan rambut, tingkat kerontokan rambut dan tingkat kebotakan. Namun Ladies tidak perlu khawatir. Kebotakan umumnya terjadi pada pria dan bisa saja terjadi secara di dini di masa pubertas.

Faktor lain yang mengakibatkan kerontokan rambut adalah perubahan hormon. Perubahan hormon dan ketidakseimbangan dapat menyebabkan kerontokan sementara akibat hamil, melahirkan atau saat memasuki masa menopause. Kadar hormon juga dipengaruhi oleh kelenjar tiroid yang juga sebagai penyebab rambut rontok.

Masa menopause juga bisa membuat Anda kehilangan banyak rambut
Masa menopause juga bisa membuat Anda kehilangan banyak rambut

Jika itu yang terjadi, mengatasi rambut rontok bisa dengan melakukan perawatan salon atau memilih sampo terbaik sebagai treatment. Namun, Anda juga harus mewaspadai jika kerontokan rambut yang Anda alami melebihi batas wajar. Bisa jadi hal itu karena kondisi kesehatan Anda sedang tidak baik.

Rambut rontok dalam jumlah masiv bisa saja merupakan indikasi bahwa Anda memiliki infeksi pada kulit kepala seperti kurap atau busikan. Namun setelah dilakukan perawatan, rambut baru akan tumbuh lagi. Karena itu, alangkah lebih baik jika Anda pergi ke dokter untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut. (nap)

Share This Article