Masker Bawang Putih untuk Usir Jerawat Bandel | Breaktime
Masker Bawang Putih untuk Usir Jerawat Bandel
10.05.2016

B’timers, Anda memiliki jerawat yang kerasan tinggal di pipi dan tak hilang-hilang? Atau Anda sudah menyerah dan putus asa dengan jerawat menyebalkan tersebut? Well, masalah jerawat memang selalu bikin bete. Apalagi, jika satu sudah hilang yang 5 malah datang. Wah, bisa-bisa Anda makin tekor mengeluarkan ratusan bahkan rupiah untuk melakukan berbagai perawatan kulit berjerawat.

Padahal, kulit berjerawat tidak harus ditangani dengan bahan-bahan kimia buatan dokter kecantikan lho, B’timers. Tanpa disadari, Anda bisa menggunakan bumbu dapur untuk mengobati jerawat seperti masker bawang putih untuk jerawat. Mengapa bawang putih? Memang, kedengarannya menjijikkan, tapi menurut Joshua Zeichner, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City, mengatakan bawang putih memiliki manfaat yang layak untuk mengusir jerawat.

Masker Bawang Putih untuk Usir Jerawat Bandel | Breaktime
Jerawat mengurangi rasa percaya diri

Apa kandungan dalam bawang putih?

Ternyata, di dalam masker bawang putih untuk jerawat mengandung berbagai macam bahan alami yang mampu memerangi bakteri jahat penyebab jerawat, seperti yang dijelaskan oleh Zeichner, “Bawang putih mengandung bahan antimikroba yang disebut allicin. Kandungan ini dapat membantu membunuh bakteri bernama Propionibacterium Acnes yang merupakan biang keladi timbulnya jerawat,” jelasnya.

Sayangnya, penggunaan bawang putih terlalu sering untuk masker jerawat juga bisa memberikan efek samping, yaitu kulit menjadi kering. Ini mungkin bukan masalah besar bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak, B’timers. Namun, hal ini bisa menjadi kabar buruk untuk Anda yang berkulit kering. Karena itu, Zeicher menyarankan Anda untuk menggunakan putih telur dan madu untuk campuran masker bawang putih.

Masker Bawang Putih untuk Usir Jerawat Bandel | Breaktime
Spa dan masker untuk kulit lebih segar

“Putih telur dan madu keduanya bermanfaat untuk menenangkan dan menghidrasi kulit yang meradang. Anda membutuhkan kedua bahan tersebut ketika Anda menggunakan masker bawang putih untuk menghapus jerawat tanpa harus mengalami overdrying pada kulit,” jelasnya lebih lanjut.

Masker bawang dengan campuran putih telur dan madu ini sudah diuji oleh beberapa wanita dengan wajah berjerawat. Hasilnya, setelah didiamkan semalaman, jerawat kecil mereka (yang belum meradang) hilang sama sekali dari kulit. Sedangkan, jerawat yang sudah meradang jadi lebih kempis dan kemerahan akibat peradangan memudar.

Wah, ternyata bawang putih ampuh juga untuk menghilangkan jerawat, ya! Anda mau mencoba masker bawang putih untuk jerawat di atas, B’timers? (nap)

Share This Article