Makin Tinggi Kadar SPF, Berarti Kulit Semakin Terlindungi | Breaktime
Makin Tinggi Kadar SPF, Berarti Kulit Semakin Terlindungi
02.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



Tabir surya bekerja untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, terutama UVA dan UVB.  Ketika kulit terpapar langsung sinar UVA dan UVB, bisa memicu berbagi masalah seperti kulit terbakar dan kanker kulit. Untuk itu, menggunakan tabir surya adalah cara terbaik untuk melindungi kulit ketika berada di bawah matahari. Lantas, apakah nilai SPF tinggi pada tabir surya dapat melindungi kulit lebih baik?

Secara teori, ketika menggunakan tabir surya dengan SPF 100 akan memberikan kulit waktu 100 kali lebih lama sebelum tersengat matahari. Jika tanpa tabir surya, kulit akan terbakar hanya dalam waktu 30 menit, sedangkan dengan tabir surya SPF 100, seharusnya kulit akan aman berada di bawah sinar matahari selama 50 jam.

Sayangnya, teori dan kenyataan sangatlah berbeda. Semakin tinggi kadar SPF bukan berarti semakin baik pula perlindungannya terhadap kulit. Justru, banyak studi yang menunjukkan bahwa tabir surya dengan SPF tinggi justru lebih berbahaya untuk kulit karena mengandung begitu banyak bahan kimia.

SPF tinggi lebih berisiko pada kesehatan

Untuk menciptakan produk tabir surya dengan SPF tinggi, lebih banyak bahan kimia yang digunakan sebagai campuran. Bahan-bahan kimia ini tidak sepenuhnya aman bagi kesehatan. Ketika menembus kulit, bahan kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan jaringan, gangguan hormon, dan reaksi alergi pada beberapa orang. Meskipun diklaim lebih baik untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV, tabir surya dengan SPF tinggi dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Pilih tabir surya dengan nilai SPF 30-50
Pilih tabir surya dengan nilai SPF 30-50

Nilai SPF terbaik

Bagi Anda yang akan beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya pilih produk dengan nilai SPF yang berkisar di angka 30-50. SPF dengan nilai tersebut memberikan perlindungan kulit dengan baik, bahkan bagi orang yang sensitif terhadap sengatan matahari sekalipun.

Jadi sudah tahu kan B’timers, kalau kadar SPF yang tinggi belum tentu bisa melindungi kulit dari sengatan matahari?

Share This Article