Kulit Halus Total Tanpa Cela. Mau? | Breaktime
Kulit Halus Total Tanpa Cela. Mau?
18.04.2015

Perawatan untuk kulit wajah halus dan bersinar sudah menjadi rutinitas, tapi apakah kulit di bagian tubuh lainnya juga B’timers perhatikan? Seringkali perhatian Anda hanya terfokus pada kulit wajah sehingga kulit-kulit lainnya, terutama yang tertutup pakaian, menjadi kurang mendapatkan perhatian, dan akhirnya malah terkena masalah kulit. Padahal, dengan sedikit perhatian ekstra, Anda bisa mendapatkan kulit halus, sehat, dan cantik, sekujur tubuh! Ini caranya:

Masalah: jerawat di punggung

Kulit Halus Total Tanpa Cela. Mau? | Breaktime
body brush mampu menjangkau area punggung dengan baik saat mandi

Karena senantiasa tertutup oleh pakaian, ditambah sulit ‘dijangkau’ saat mandi, minyak yang dihasilkan oleh kulit di punggung tidak mampu keluar karena pori-pori tertutup, sehingga sel kulit mati ikut ‘terjebak’ dan berkembang menjadi bakteri yang bisa mengakibatkan munculnya jerawat. 

Untuk masalah ini, atasi dengan:

  • Rutin mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun yang mengandung benzoil peroxide sebagai anti bakteri. Gunakan washcloth, loofah atau sikat khusus tubuh dengan bulu lembut untuk mengangkat sel kulit mati di punggung. Gosok dengan lembut dan pastikan bahan exfoliatior berkualitas baik karena jika salah pilih, jerawat malah bisa meradang dan teriritasi.
  • Gunakan scrub seminggu sekali agar proses eksfoliasi bisa maksimal. Pilih scrub yang memiliki kandungan gula karena tingkat kelembapannya lebih tinggi dibandingkan garam.
  • Selalu gunakan pakaian dengan material yang mudah menyerap keringat dan segera ganti pakaian saat Anda berkeringat banyak. Pastikan juga apa pun yang bersentuhan dengan tubuh Anda selalu terjaga kebersihannya, mulai dari pakaian, baju dalam, handuk, hingga seprai.

Masalah: Kerutan di punggung tangan

Kulit Halus Total Tanpa Cela. Mau? | Breaktime
Tangan halus pastinya bikin Anda makin percaya diri

Kulit di punggung tangan cenderung lebih tipis dibandingkan kulit lainnya sehingga mudah berkerut karena aktivitas berat maupun karena paparan sinar matahari.

Untuk masalah ini, atasi dengan:

  • Anda yang sering menyetir mobil sendiri lebih riskan mengalami punggung tangan yang terkena paparan sinar matahari. Lindungi selalu dengan krim tangan yang mengandung SPF. 
  • Gunakan sarung tangan karet saat mencuci pakaian, karena zat kimia yang terkandung pada detergen bisa berakibat buruk pada kulit, juga pada kutikula kuku. Setelah mencuci, cuci bersih tangan Anda, lalu oleskan hand cream yang sekaligus berfungsi untuk menutrisi kutikula.
  • Untuk mengembalikan kelembutan dan kelembapan kulit tangan, campurkan gula dengan air perasan lemon atau jeruk nipis dan gosokkan ke permukaan kulit tangan, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan dua hari sekali sebelum tidur.

Masalah: Tumit pecah-pecah

Kulit Halus Total Tanpa Cela. Mau? | Breaktime
Pastikan tumit Anda halus dan mulus jika mengenakan sepatu bertali seperti ini

Selain disebabkan oleh kulit kaki yang kering, kulit pecah-pecah di area tumit diperparah oleh tekanan yang besar dari topangan tubuh dan gesekan dengan alas kaki yang kasar.

Untuk masalah ini, atasi dengan:

  • Saat mandi, gosokkan batu apung untuk mengikis sel kulit mati, keringkan, lalu oleskan foot cream yang mengandung aloe vera untuk mengembalikan kelembapan kulit. Lakukan kegiatan ini setiap hari.
  • Untuk melembapkan kulit, rendam kaki di dalam baskom berisi air hangat yang dicampur oleh tetesan minyak zaitun atau minyak almond dan perasan air jeruk nipis.
  • Sebelum tidur, oleskan masker kaki, lotion, atau minyak kelapa murni, lalu kenakan kaus kaki untuk ‘mengunci’ kelembapan di kulit kaki Anda. Keesokan harinya, kaki akan terasa sangat lembap dan halus.

Meskipun masalah-masalah kulit di atas tidak terlihat dari luar, bukan berarti B’timers jadi tidak peduli atau malah sengaja menutupinya. Sedikit usaha ekstra bisa membuat kulit kembali sehat dan halus. Jika kulit sudah tampil prima, show some skin? No problem!

Share This Article