Kulit Anda Kering? Cari tahu Penyebabnya, yuk! | Breaktime
Kulit Anda Kering? Cari tahu Penyebabnya, yuk!
10.06.2016

Hiii, kulit kering! Well, kondisi ini merupakan hal yang umum dialami semua orang, B’timers. Meskipun demikian, tetap saja bisa bikin rasa percaya diri berkurang, ya? Kulit kering bisa terjadi karena kondisi kesehatan, faktor tempat tinggal hingga usia. Cari tahu penyebab kulit kering berikut ini, yuk, B’timers!

Menggosok kulit

Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk membersihkan kulit ini ternyata bisa menjadi penyebab kulit Anda kering, B’timers. Terlebih jika Anda menggunakan spon sebagai alat gosoknya. Gesekan yang terlalu keras bisa meningkatkan kekeringan pada kulit.

Iritasi kulit

Penyebab iritasi bisa dimungkinkan karena bahan kain pakaian yang Anda kenakan sehari-hari. Karena ada beberapa junis kulit yang bisa teriritasi karena bersentuhan dengan kain tertentu. Bahkan bahan detergen dan pelembut yang Anda gunakan untuk mencuci pakaian bisa menyebabkan iritasi kulit, lho.

Penggunaan sabun yang salah

Kesalahan dalam penggunaan sabun mandi juga bisa menjadi sebab kulit Anda kering. Memakai sabun yang tidak sesuai dengan kondisi kulit ternyata dapat sangat merugikan kita, lho. Ini akan membuat pelembab alami yang berfungsi melembabkan kulit terkikis.

Kulit Anda Kering? Cari tahu Penyebabnya, yuk! | Breaktime
Pelembab yang cocok bisa mengatasi kulit kering, kok

Faktor usia

Bertambahnya usia ternyata merupakan salah satu penyebab utama kulit Anda menjadi lebih kering, lho, B’timers. Mengapa? Ini karena dengan bertambahnya usia, kulit mengalami kekurangan hormone yang terkait dengan kesehatan kulit.

Cuaca yang sering berubah

Dan ternyata perubahan cuaca juga dapat berpengaruh terhadap tingkat kelembaban udara. Jika kelembaban udara terlalu rendah, dampaknya adalah kulit Anda menjadi lebih kering, B’timers. Semakin rendah kelembaban udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, itulah sebab kulit Anda kering.

Sering mandi uap

Kenikmatan dan kenyamanan yang kita dapatkan dari mandi uap bisa berdampak cukup buruk bagi kesehatan kulit juga, B’timers. Apalagi jika Anda terlalu sering melakukan mandi uap. Temperatur uap yang panas membuat minyak alami kulit semakin cepat kering.

Kondisi kesehatan tertentu

Jika kondisi kulit seseorang memiliki gejala khusus, seperti bersisik dan kemerahan, ini bisa merupakan tanda adanya penyakit lain, B’timers. Misalnya dermatitis atopic atau psoriasis. Kondisi kulit yang bersisik dan kemerahan kemungkinan juga terkait dengan diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid.

Cara mengatasi kulit kering sebenarnya cukup sederhana, kok, B’timers. Asal Anda melakukannya secara konsisten dan mengubah gaya hidup, kulit kering bisa diatasi. (NO)

Share This Article