Khawatir Kulit Kering Karena AC? Ini Tipsnya! | Breaktime
Khawatir Kulit Kering Karena AC? Ini Tipsnya!
27.07.2017

Di era modern saat ini tentunya penggunaan Air Conditioning sudah bukan hal baru lagi. Meski perannya sangat dibutuhkan untuk menjaga suhu ruangan tidak terlalu panas dan tetap nyaman, tahukah B’timers bahwa udara dingin dari AC rupanya memiliki pengaruh buruk bagi kulit wajah Anda? Apabila Anda terus-menerus terpapar AC tanpa adanya perawatan khusus, kulit wajah Anda akan mengalami dehidrasi hingga perlahan berubah kusam dan cenderung mengalami penuaan dini.

Bagi para pekerja urban, duduk di ruangan kantor berpendingin selama 8 hingga 9 jam tentunya tidak terhindarkan. Paparan AC dalam kurun waktu tersebut secara ilmiah terbukti mampu menghilangkan setengah liter cadangan air dalam tubuh, sehingga kulit wajah Anda akan nampak kering dan bersisik. Tapi jangan khawatir ya, B’timers! Untuk menjamin kulit Anda tetap lembab meski berada dalam ruang ber-AC dalam waktu lama, berikut ini beberapa kiat praktis yang dapat B’timers lakukan dengan mudah.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Beauty Trend Chocolate Challenge, Berani Ikutan?

Hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kelembaban kulit wajah meski seharian berada di ruangan berpendingin ialah dengan menggunakan lotion pelembab. Pilihlah lotion yang memiliki kandungan air yang tinggi dan tidak lengket, serta mengandung sedikit bahan kimiawi dan terasa ringan di wajah. Pilih juga lotion pelembab wajah yang mengandung AHA serta vitamin C dan E ya B’timers!

Thus, kulit Anda akan terjaga kelembabannya sekaligus tetap mendapatkan asupan nutrisi untuk mencegah masalah kulit lainnya yang senantiasa mengancam. Selalu sediakan lotion pelembab tersebut dalam tas kosmetik Anda. Selain lotion pelembab pada wajah, ladies juga perlu menggunakan body lotion pada permukaan tubuh lain yang terekspos dengan udara kering dari AC, seperti tangan dan kaki. Aplikasikan secara rutin setidaknya setiap 2 hingga 3 jam sekali demi mencapai hasil yang maksimal. Sesuaikan penggunaannya dengan tipe kulit Anda.

Tips kedua yang terbukti ampuh mengembalikan kelembaban alami kulit ialah mandi dengan air dingin dalam waktu yang tidak terlalu lama. Meski nampak sepele, mandi berlama-lama dengan air hangat rupanya malah semakin menghilangkan kelembaban kulit Anda lho, B’timers. Anda mungkin terbiasa mandi air hangat di akhir hari karena terasa nyaman di tubuh yang penat. Namun hal tersebut menyebabkan kulit Anda yang terlanjur kering akan semakin kehilangan cadangan air. 

Khawatir Kulit Kering Karena AC? Ini Tipsnya! | Breaktime
Gunakan pelembab untuk menjaga kulit kering
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bye Pore Pack, Begini Cara Menghilangkan Komedo

Setelah seharian berada di ruangan berpendingin, ladies tentu akan merasakan bahwa kulit wajah Anda terasa kering, tertarik-tarik, bahkan tak jarang hingga mengelupas. Jika demikian, hindari menggosok permukaan wajah untuk menghilangkan kulit wajah yang terkelupas. Jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan, kondisi kulit wajah Anda yang telah kering akan semakin parah, iritasi dan kemerahan, hingga terasa terbakar. Para pakar kecantikan juga sepakat bahwa sebaiknya Anda menghindari menggosok sabun pada area tubuh yang rawan kering agar tidak memperparah kondisi kulit kering tersebut. Dari beragam jenis sabun mandi seperti sabun batangan, gel, hingga liquid soap, pilihlah sabun mandi yang memiliki kandungan moisturizer tinggi yang juga disesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Tak hanya itu, apakah B’timers menyadari bahwa terlalu lama berada di dalam ruangan berpendingin menyebabkan Anda mudah lapar dan ingin mengudap di sela jam kerja? Nah, ada baiknya Anda mulai beralih ke camilan sehat sepeti kacang almond yang kaya vitamin E maupun yoghurt yang bernutrisi tinggi sebagai pelembab alami bagi kulit wajah Anda.

Di samping itu, konsumsi buah dan sayuran juga penting untuk mengatasi masalah kulit kering pada pengguna Air Conditioning. Selain untuk mengganjal perut, konsumsi buah dan sayuran sebagai camilan juga penting sebagai asupan vitamin A, C, dan terutama vitamin E, potassium, dan zinc serta mineral lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh dan kulit wajah Anda. Pastikan B’timers selalu mengkonsumsi asupan karbohidrat, protein, lemak, dan serat secara seimbang.

Pelembab alami lainnya yang dapat B’timers andalkan ialah air putih. Perbanyak konsumsi air putih dapat meningkatkan kesegaran kulit dari dalam, menjaga kesehatan kulit, serta mencegah penuaan dini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jadi Master Contouring Dengan KKW Contouring Kit!

Di dalam ruangan kerja berpendingin, B’timers dapat meletakkan wadah terbuka berisi air. Tahukah Anda bahwa Air Conditioning dapat menyedot kelembaban alami dalam ruangan hingga menarik kelembaban dari kulit wajah Anda? Karena itu, dear, meletakkan wadah terbuka berisi air tersebut sangatlah bermanfaat untuk mencegah kulit wajah kering seta mempertahankan kelembaban dalam ruang kerja Anda.

Terakhir, apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk sesekali mematikan AC, cobalah melakukan aktivitas ringan di luar ruangan berpendingin di sela jam kerja. Misalnya, Anda dapat mengobrol dengan rekan kerja, menghabiskan jam istirahat, atau memakan bekal makan siang di ruangan yang tidak berpendingin. Dengan demikian, Anda dapat mengembalikan pH kulit Anda ke normal sekaligus mencegah kulit kering. (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE