Ketika Rambut Bertemu Hujan, What Should We Do? | Breaktime
Ketika Rambut Bertemu Hujan, What Should We Do?
14.09.2015

Musim hujan tidak hanya membuat pakaian Anda basah, musim ini pun bisa membuat tatanan rambut jadi berantakan. Dengan kelembapan yang tinggi dan tiupan angin yang cukup kencang, tak heran bila rambut Anda kerap berbentuk seperti sarang burung.

Hal ini tentu membuat Anda harus serba hati-hati dalam memperlakukan rambut ketika akan keluar dari rumah. Berikut adalah 5 cara sederhana yang bisa Anda terapkan:

Slick up do

Slick up-do bikin rambut lebih rapi saat cuaca tak bersahabat
Slick up-do bikin rambut lebih rapi saat cuaca tak bersahabat

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah slick up-do. Dengan ikatan yang pas, tatanan rambut Anda bisa bertahan lebih lama ketika cuaca tak bersahabat.

Anda sebaiknya menghindari messy up-do. Alasannya, tatanan rambut ini malah bisa membuat rambut Anda terlihat semakin berantakan ketika terkena sedikit air hujan.

Kepang rambut

Sama dengan slick up-do, kepangan rambut ini pun bisa membantu
Sama dengan slick up-do, kepangan rambut ini pun bisa membantu

Selain up-do, Anda juga bisa mencoba kepangan rambut. Mengepang rambut merupakan salah satu cara termudah untuk mengontrol kerapian rambut saat cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu, kepangan ini juga bisa menjaga rambut Anda dari angin kencang yang bisa saja menerpa.

Terurai natural

Biarkan rambut terurai dengan tekstur alaminya.
Biarkan rambut terurai dengan tekstur alaminya.

Jika tidak ingin repot dengan mengaplikasikan dua tatanan rambut di atas, maka biarkan rambut Anda terurai secara natural. Anda sebaiknya menghindari penggunaan hair straightener yang hanya akan berujung pada kesia-siaan. 

Cuaca yang lembap bisa mengembalikan rambut Anda ke kondisi aslinya. Maka dari itu, biarkan rambut Anda terurai dengan tekstur aslinya agar tidak semakin merepotkan nantinya.

Selain menata rambut dengan 3 gaya tersebut, B’timer juga perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

Gunakan spray

Hair spray bisa sangat membantu saat cuaca sedang tidak bersahabat
Hair spray bisa sangat membantu saat cuaca sedang tidak bersahabat

Setelah mempertahankan tekstur aslinya, Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan sejenis spray yang bisa mengontrol kelembapan pada rambut. Anti-frizz spray merupakan pertolongan pertama untuk Anda yang menghindari poofy hair. Selanjutnya, spray ini juga bisa berperan sebagai pembatas antara rambut Anda dengan kelembapan di sekitarnya.

Selalu sediakan jas hujan

Siapkan jas hujan untuk melindungi rambut dari terpaan hujan
Siapkan jas hujan untuk melindungi rambut dari terpaan hujan

Nyatanya, payung bukanlah proteksi yang sempurna untuk rambut Anda. Payung hanya bisa melindungi bagian atas kepala Anda, sementara kelembapan dari hujan bisa tetap sampai ke rambut Anda melalui sisi samping.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyiapakan jas hujan ringan yang dilengkapi dengan tudung. Dengan polanya yang tertutup, jas hujan ini lebih bisa melindungi rambut Anda. Tidak keren memang, but it’s all worth it.

Lastly, sekarang adalah saatnya B’timers bersiap-siap karena musim hujan akan segera dating.

Share This Article