Kenali Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Yuk! | Breaktime
Kenali Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Yuk!
23.03.2016

Rambut dan kulit kepala yang sehat tentu menjadi dambaan tiap orang. Namun, jika masalah terjadi dan merusak kesehatan rambut, apa sih yang harus dilakukan? B’timers, sebelum melakukan penanganan, kenali dulu masalah yang terjadi agar dapat diatasi dengan optimal ya.

Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang kerap terjadi di Indonesia. Tak memiliki sebab yang jelas, penanganan serpihan putih yang mengotori rambut ini, tak semudah yang dibayangkan lho, B’timers. Anda harus memilih shampoo dengan kandungan zinc pyrithione, asam salisilat dan keroconazole untuk membantu pengelupasan kulit, mengatasi jamur, dan mencegah serpihan.

Kenali Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Yuk! | Breaktime
Kenali psoriasis untuk mendapatkan penanganan tepat

Psoriasis

Karena gejalanya yang mirip, psoriasis seringkali dianggap sebagai ketombe parah. Padahal kedua masalah ini merupakan hal yang berbeda. Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi kulit tubuh, termasuk kulit kepala. Pengobatannya pun tak cukup sekedar shampo, tapi juga harus mendapatkan terapi sinar dan obat imunomodulator untuk membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Rambut rontok

Terdapat beberapa penyebab rambut rontok yang seringkali tak disadari, seperti stres fisik dan pikiran, ketidakseimbangan hormon atau zat besi, serta gangguan tiroid dan autoimun. Untuk mengatasinya pun diperlukan pemeriksaan mendetail untuk mengetahui penyebab rambut rontok. Pengobatan yang bisa dilakukan berupa suntikan, krim dan obat untuk memacu pertumbuhan rambut, pijatan ataupun diet sehat berdasarkan faktor penyebabnya.

Kenali Masalah Rambut dan Kulit Kepala, Yuk! | Breaktime
Stres juga bisa memicu rambut rontok

Kurap

Kurap merupakan masalah kulit kepala yang dapat menular dengan mudah dan cepat. Berbagi topi, bantal, ataupun sisir sangat mungkin untuk menularkan penyakit ini. Gejalanya berupa gatal berwarna merah dengan pinggiran bersisik pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, digunakan obat-obatan oral untuk membunuh jamur, serta shampo dengan kandungan obat yang dapat mengurangi penyebaran infeksi.

Folikulitis

Folikulitis juga dikenal sebagai rambut yang tumbuh ke dalam dan menyebabkan benjolan kemerahan seperti jerawat. Masalah ini merupakan peradangan folikel rambut yang disebabkan infeksi bakteri atau jamur. Penyebabnya bisa karena Anda sering menggunakan helm atau topi dan banyak berkeringat, sehingga bakteri terjebak pada folikel rambut. Penanganan bisa dilakukan dengan kompres air hangat, krim dan shampo, serta obat-obatan untuk mengendalikan infeksi. Pastikan segera mandi dan keramas setelah berkeringat untuk mencegahnya.

Mengenali masalah yang terjadi, dapat mempermudah penanganan serta mencegah masalah rambut dan kulit kepala semakin parah. Jika perlu, lakukan konsultasi pda ahlinya untuk mendapatkan penanganan optimal. (dfr)

Share This Article