Kenali Kandungan dalam Produk Kecantikan Anda | Breaktime
Kenali Kandungan dalam Produk Kecantikan Anda
07.03.2016

Disadari atau tidak, beragam produk kecantikan faktanya dibuat dari berbagai senyawa kimia dan bahan yang bisa saja membahayakan kulit Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika B’timers mengantisipasi terjadinya alergi akibat salah penggunaan produk, dengan mengenali beberapa kandungan yang sering digunakan dalam pembuatan produk kecantikan berikut ini.

Fragrance

Fragrance memang menyegarkan namun ternyata mampu meningkatkan peluang Anda terkena iritasi sebesar 20 persen. Tidak hanya kulit yang iritasi, namun juga meliputi batuk, pusing, bersin dan iritasi saluran pernapasan lain. B’timers patut waspada pada parfum, BB cream, concealer, hingga sunscreen yang biasanya mengandung fragrance yang kuat. Jika Anda tergolong orang yang sensitif terhadap fragrance maka sebaiknya pilih produk yang bebas kandungan senyawa tersebut.

Senyawa aluminium

Pernah merasakan rasa panas dan terbakar di area ketiak setelah memoleskan deodoran? Bisa jadi B’timers memiliki alergi terhadap senyawa aluminium yang terdapat pada produk deodoran Anda. Semakin kuat deodoran yang Anda gunakan, maka semakin besar juga peluang B’timers terhadap alergi. Pilihlah deodoran dengan kandungan senyawa aluminium yang rendah, atau pilih yang untuk kulit sensitif. Dengan begitu, Anda tetap segar sepanjang hari dan tidak terkena dampak alergi.

Kenali Kandungan dalam Produk Kecantikan Anda | Breaktime
Bebas ketiak basah sih, tapi kalau bikin iritasi buat apa?

Acids

Produk kecantikan yang banyak mengandung senyawa asam seperti asam salisilik dan asam beta hidroksida pemecah minyak biasanya ditemukan pada facial wash untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak. Karena sifatnya yang aktif, B’timers berpeluang besar untuk mengalami iritasi jika tidak pandai memilih produk. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dermatologis jika iritasi terjadi atau pilihlah produk dengan kandungan vitamin C natural atau enzim kulit buah yang alami.

Sulfat

B’timers tidak hanya harus waspada pada produk kecantikan berupa makeup atau pelembab. Sampo dan sabun juga harus Anda waspadai karena kandungan sulfat yang kuat dapat mengiritasi mata hingga kulit Anda. B’timers yang salah memilih sabun ataupun sampo akan merasakan kulit dan rambut Anda kering. Kalau sudah seperti itu, ganti sabun dan sampo Anda dengan yang memiliki kandungan alami dan organik.

Kenali Kandungan dalam Produk Kecantikan Anda | Breaktime
Hati-hati iritasi mata dan kulit akibat salah pilih sampo

Emollients

Emollients merupakan salah satu bahan penting dalam pembuatan produk kecantikan karena dapat membuat kulit Anda menjadi lebih halus. Namun, banyak pula kulit yang tidak cocok dengan kandungan bahan ini pada produk kecantikan. Emollients sering ditemui pada lanolin, coconut butter, cocoa butter, isopropyl palminate, isostearyl isosterate, dan myristyl lactate. Atasi dengan memilih pelembab yang berbahan utama air. Non-comodogenic moisturizer juga dapat membantu kulit Anda tetap ternutrisi.

Minyak esensial

Berpikir memilih produk kecantikan dengan bahan-bahan natural akan mengurangi iritasi pada kulit memang benar. Namun, tidak semua bahan natural benar-benar aman untuk kulit Anda. Minyak esensial adalah contoh nyata bahwa bahan alami pun bisa mengiritasi Anda. Pada beberapa jenis kulit, minyak esensial dapat menyebabkan ruam. B’timers yang sensitif terhadap minyak esensial sebaiknya memilih sampo, kondisioner, body lotion, dan krim wajah yang bebas dari minyak esensial.

Kenali Kandungan dalam Produk Kecantikan Anda | Breaktime
Tidak semua yang natural itu aman bagi Anda, lho!

Memiliki kulit dan tubuh terawat bukan berarti B’timers memilih produk kecantikan yang paling mahal dan terbukti khasiatnya. Menghindarkan diri dari bahan-bahan yang menyebabkan alergi dan iritasi menjadi salah satu cara untuk mencintai diri Anda sendiri. Wujudkan kulit sehat tanpa iritasi dengan pandai memilih produk kecantikan, yuk! (ft)

Share This Article