Jangan Panik! Ada 6 Cara Mudah Mengatasi dan Merawat Kulit Terbakar | Breaktime
Jangan Panik! Ada 6 Cara Mudah Mengatasi dan Merawat Kulit Terbakar
26.06.2015

Beberapa dari Anda mungkin banyak yang melupakan pentingnya perlindungan kulit saat berada di bawah matahari. Hasilnya, banyak yang baru akan sadar efeknya setelah merasakan perih di bagian kulit.

Jika sudah terlanjur, tidak ada gunanya juga untuk menyesal. Daripada meratapinya sepanjang hari, ada baiknya Anda melakukan pertolongan pertama, serta mencoba beberapa perawatan sederhana pada kulit yang terbakar.

Segera lakukan perawatan sederhana untuk kulit yang terbakar
Segera lakukan perawatan sederhana untuk kulit yang terbakar

Dinginkan kulit

Setelah mendapati kulit terbakar, dinginkanlah kulit Anda sesegera mungkin. Carilah tempat berteduh, kemudian usapkan es batu pada bagian yang memerah. Selanjutnya, mandilah dengan air dingin sesaat setelah Anda sampai di rumah. Tujuannya adalah untuk menenangkan area yang terbakar. Air dingin juga bisa membantu menghilangkan klorin dan garam yang menempel pada kulit Anda.

Beri lotion

Usapkan pelembap pada area yang terbakar. Pelembap bisa menyejukkan kulit, serta membantunya terhindar dari pengelupasan dan perubahan warna. Apapun yang akan Anda gunakan, pastikan pelembap Anda tidak mengandung senyawa anti-aging atau alkohol. Senyawa-senyawa tersebut malah bisa membuat kulit Anda bertambah kering.

Hindari infeksi

Jika kulit Anda melepuh, aplikasikan salep yang mengandung antibakteri sebanyak tiga kali sehari. Jangan pecahkan lepuhan, karena hal ini hanya akan memicu infeksi nantinya.

Kenakan pakaian longgar

Hindari penggunaan pakaian atau celana yang ketat untuk sementara. Saat kulit Anda terbakar, kenakan busana berpotongan longgar dan berbahan natural. Busana yang ketat bisa menggesek kulit Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap pengelupasan. Sedangkan busana berbahan sintetis bisa membuat kulit Anda iritasi.

Jika Anda masih ingin bermain di bawah sinar  matahari, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

Hindari kulit terbakar dengan sunscreen
Hindari kulit terbakar dengan sunscreen

Gunakan sunscreen

Aplikasikan sunscreen setiap hari selama tiga minggu sebelum liburan Anda dimulai untuk memperkecil kemungkinan kulit terbakar. Ketika Anda sudah berada di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF 50 atau lebih, kemudian ulangi penggunaannya setiap dua jam, atau setelah berenang dan berkeringat.

Lindungi seluruh bagian tubuh

Ketika mengaplikasikan sunscreen, pastikan untuk mengolesinya di bagian-bagian tersembunyi seperti area-area di sekitar hidung, di bawah bibir, di sebelah ketiak dan pada ujung jari-jari kaki. Jika Anda menggunakan spray sunscreen, maka aplikasikanlah sebanyak dua kali untuk mendapatkan cakupan yang sempurna.

Untuk liburan B’timers selanjutnya, jangan lupa melakukan hal-hal tersebut supaya kulit tetap cantik dan sehat!

Share This Article