Ini Resep Mudah Homemade Sabun Alami! | Breaktime
Ini Resep Mudah Homemade Sabun Alami!
13.03.2017

Sabun mungkin bukan lagi hal yang “wah” di kalangan masyarakat sekarang ini. Bisa dibilang sabun adalah salah satu kebutuhan manusia era sekarang. Tetapi, tahukah Anda bagaimana sampai akhirnya sabun menjadi sebuah hal yang sangat dibutuhkan? Di zaman kuno, manusia hanya mandi dengan air atau sesekali menggosok tubuh mereka dengan menggunakan lumpur. Dulu, sabun dipercaya dibuat dari lemak yang direbus dengan abu.

Sampai akhirnya waktu berjalan dan membuat sabun menjadi keahlian umum di Eropa pada abad ke-17. Orang Eropa zaman dulu membuat sabun dengan bahan minyak nabati, hewani, arang tanaman, dan pewangi. Hingga pada tahun 1608, pembuatan sabun secara komersial dimulai di Amerika.

Ini Resep Mudah Homemade Sabun Alami! | Breaktime
Ada banyak jenis sabun yang bisa dibuat di rumah

Baca juga : MAKIN CANTIK SEMPURNA DENGAN SABUN BERBAHAN ALAMI

Hal itu terus berjalan dan mengalami banyak perubahan sampai akhirnya sabun tampil dengan beberapa jenis yang kita kenal sekarang ini. Sebenarnya, Anda bisa membuat sabun sendiri di rumah, lho B’timers. Caranya pun ternyata tidak terlalu sulit. Anda bisa membuat sabun dengan bahan dan wewangian yang Anda sukai.

Beberapa homemade sabun yang bisa Anda buat di rumah antara lain sabun dari minyak kelapa, jeruk, chai latte, loofah, lemon, pumpkin, mint, oatmeal, dan castile/kastilia. Banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membuat homemade sabun mandi.

Tetapi, kali ini Breaktime akan memberikan resep homemade sabun yang terbuat dari beberapa minyak esensial. Pembuatan sabun alami ini dinamakan dengan cold process. Yuk, intip resep dan caranya berikut ini!

Bahan-bahan :

  • 160 ml minyak kelapa (untuk menghasilkan busa yang baik)
  • 160 ml minyak zaitun (untuk membuat bar mengeras dan tetap ringan)
  • 160 ml minyak cair yang lainnya, seperti minyak almond, biji anggur, bunga matahari, atau safflower oil
  • 60 ml lye atau 100% natrium hidroksida. Anda bisa menemukannya di hardware stores
  • 180 ml air dingin murni atau yang sudah disuling
Ini Resep Mudah Homemade Sabun Alami! | Breaktime
DIY sabun dari minyak esensial

Baca juga : TIPS PILIH SABUN MUKA UNTUK KULIT KERING DAN BERMINYAK

Cara membuat :

  • Pertama-tama, alasi lantai dengan Koran. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan. Selanjutnya, Anda bisa mengukur air dalam gelas ukur. Siapkan juga sendok. Anda juga harus mengukur dan memastikan lye yang Anda miliki, pastikan untuk memilikinya sebanyak 60 ml. Kemudian, dengan perlahan-lahan, tuangkan larutan alkali ke dalam air dan aduk hingga rata. Lindungi diri Anda dari asap yang keluar. Aduk-aduk hingga asap mulai hilang.
  • Selanjutnya Anda bisa menambahkan tiga jenis minyak yang sudah disiapkan ke dalam gelas. Kalau sudah, masukkan dalam microwave untuk dipanaskan selama satu menit. Pastikan suhu dari minyak dan lye hanya sampai 120°. Setelah itu, dinginkan hingga suhu mencapai antara 95° sampai 105°. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena akan sangat berpengaruh pada hasil sabun nantinya.
  • Langkah berikutnya, setelah suhu sudah tepat Anda bisa menuangkan campuran bahan tadi ke dalam mangkuk. Perlahan, tambahkan lagi cairan alkali dan aduk-aduk selama 5 menit.

Baca juga : PERLUKAH MENCUCI BUAH DAN SAYURAN DENGAN SABUN?

  • 4. Bentuknya nanti akan seperti puding vanila. Nah, pada saat seperti itu, Anda bisa menambahkan beberapa jenis minyak esensial tadi dan aduk hingga rata. Tuangkan campuran bahan ke dalam cetakan, lalu bungkus dengan handuk untuk menjaga sisa panas. Proses ini disebut dengan saponifikasi atau yang disebut dengan proses dimana bahan dasar menjadi sabun.
  • 5. Diamkan selama 24 jam atau sampai bahan mengeras seperti tekstur sabun. Selanjutnya, Anda bisa membungkus sabun-sabun tersebut dengan kertas lilin atau menyimpannya dalam wadah kedap udara. Voila!

Tidak sulit, kan membuat homemade sabun sendiri? Anda bahkan bisa menambahkan bahan-bahan atau wewangian sesuka Anda. Let’s try it home! (vpd) 

Share This Article