Ingin Wajah Lebih Cling? Yuk, Cuci Muka Pakai Minyak! | Breaktime
Ingin Wajah Lebih Cling? Yuk, Cuci Muka Pakai Minyak!
07.06.2015

Pernahkah kulit wajah B’timers terasa kering dan ekstra kencang setelah ritual mencuci wajah? Itu justru pertanda bahwa kulit Anda mengalami dehidrasi. Kulit yang kering akan merangsang produksi lebih banyak minyak alami. Hal inilah yang ternyata memancing pertumbuhan jerawat dan masalah kulit wajah lainnya.

Kini, saatnya untuk beralih kepada metode membersihkan wajah menggunakan oil. Jangan mengernyitkan dahi dahulu sebelum B’timers membaca ulasan berikut ini, ya!

Castor Oil

Anti inflammatory dan teksturnya sangat kental.
Anti inflammatory dan teksturnya sangat kental.

Hal pertama yang perlu B’timers ketahui adalah jenis oil dan manfaatnya. Kulit yang cukup diberi kandungan minyak tidak akan memproduksi kembali minyak alami berlebih. Dalam hal ini Castor oil, atau disebut juga minyak jarak,memegang peran penting. Castor oil merupakan bahan utama dalam cleansing oil karena kandungannya yang sudah terkenal dalam dunia medical untuk membersihkan serta merawat kulit.

Sunflower Oil

Kaya manfaat untuk dunia kosmetik dan kesehatan.
Kaya manfaat untuk dunia kosmetik dan kesehatan.

Ada beberapa tipe lain yang bermanfaat untuk merawat wajah seperti almond oil (untuk kulit normal-berminyak), avocado oil (untuk kulit kering dan anti aging), jojoba oil (untuk kulit berjerawat), dan grapeseed oil (untuk kulit berminyak). Namun, kali ini sunflower oil dapat B’timers pilih karena kandungannya yang paling terasa nyaman pada kulit wajah saat diaplikasikan. Tidak hanya itu, sunflower oil ternyata berkhasiat untuk semua jenis kulit!

Langkah Membersihkan Wajah

Beberapa hal yang B’timers butuhkan adalah cleansing oil (racikan ataupun produk toko), handuk, dan air hangat. 

Berikut langkahnya:

  • Pastikan rambut B’timers tidak menghalangi ‘acara’ membersihkan wajah dengan menggunakan bandana, jepit, atau ikat rambut.
  • Tuang sekitar 3 atau 4 sendok makan oil (atau 3-4 kali pump dari cleansing oil kemasan botol) ke atas telapak tangan.
  • Gosokkan pada tangan, lalu balurkan pada wajah sambil memijat.
  • Jangan lupakan area alis, bulu mata, dan bibir dengan gerakan memijat lembut. Yup, put it literally all over your face.
  • Ambil handuk hangat, letakkan diatas wajah, diamkan sampai handuk kembali mendingin. This is good to steam up your face.
  • Kemudian, dengan menggunakan handuk tersebut angkat semua sisa kotoran dan make up di wajah yang sudah ‘meleleh’ bersama cleansing oil. Setelahnya B’timers boleh membilas kembali dengan air, memberi toner, ataupun memberi pelembab sesuai kebutuhan.
  • Voila! Raih kulit bersih dan kenyal yang memukau.

So, ready to fight oil with oil?

Share This Article