How to Jamsu; Teknik Jamsu untuk Kulit Berminyak | Breaktime
How to Jamsu; Teknik Jamsu untuk Kulit Berminyak
20.11.2017

Kita semua sudah tahu bahwa air bagaikan musuh abadi bagi wajah bermakeup Anda. Tapi bagi ladies di Korea, air merupakan sahabat yang dapat membantu makeup mereka menjadi long-lasting. Korea sebagai salah satu negara yang jadi kiblat dunia kecantikan ternyata memiliki teknik unik yang saat ini sedang booming dipraktekkan oleh hampir semua perempuan di dunia. B’Timers, sudah pernahkah Anda mendengar istilah teknik “Jamsu”?

Menurut situs kecantikan dan lifestyle Cosmopolitan, “jamsu” berasal dari bahasa Korea yang literally memiliki makna “menyelam”. Tentu saja di sini Anda tidak harus menyelam ke bawah kedalaman air untuk mempraktekkan teknik ini, B’Timers. Anda hanya perlu mencelupkan wajah Anda yang sebelumnya sudah dilapisi foundation, concealer, dan baby powder ke dalam wadah berisi air dingin.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Selain Awet Muda, Ini Manfaat Pakai Sunscreen

Perempuan Korea banyak menggunakan teknik ini untuk membuat base makeup yang terlihat matte, dan katanya sih, bisa awet selama seharian penuh. Tak hanya itu, teknik Jamsu pun diklaim dapat membantu membuat pori-pori wajah terlihat lebih kecil dan membantu meratakan rona  wajah. Terutama bagi Anda yang memiliki jenis wajah berminyak, Anda wajib mencoba teknik kecantikan ini paling tidak sekali saja.

Because why not? Banyak beauty bloggers maupun vloggers yang menyatakan bahwa makeup mereka jadi jauh lebih awet dan tidak terlihat cakey, satu hal yang paling sulit dicapai karena kondisi wajah Anda yang memang sangat aktif menghasilkan sebum atau minyak wajah. Teknik Jamsu juga ampuh untuk membantu menyamarkan pori-pori sekaligus menyamarkan jerawat-jerawat yang mengganggu. 

Okay, jadi B’Timers sudah mulai merasa tertarik untuk mencoba? Untuk menjajal teknik jamsu ada beberapa items yang Anda butuhkan. Selain krim foundation, concealer, sunblock dan primer, B’Timers juga membutuhkan baskom atau wadah untuk air dengan mulut baskom yang cukup lebar untuk wajah Anda. B’Timers juga membutuhkan beberapa liter air dan es batu secukupnya. Satu komponen penting dari teknik ini juga jangan dilupakan, yaitu baby powder dengan brand yang Anda suka. Dan jangan lupa juga untuk menyiapkan sehelai kain handuk halus yang bersih ya.

Nah, sekarang saatnya melakukan tes percobaan.

  • Pertama-tama, aplikasikan base makeup (foundation, primer, sunblock, dan lain sebagainya) pada wajah Anda seperti biasanya. Pastikan base makeup Anda terdistribusikan dengan rata, ya. Jangan lupa untuk melakukan teknik baking, alias mengaplikasikan bedak pada wajah menggunakan makeup sponge lembap. Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit
  • Setelah itu, aplikasikan baby powder secara merata dengan menggunakan makeup brush. Buat Anda yang memiliki kulit berminyak pastikan bahwa Anda telah mengaplikasikan baby powder tersebut dengan merata. Sedangkan jika Anda memiliki jenis kulit kombinasi, fokuskan pengaplikasian baby powder pada area wajah Anda yang biasanya bermasalah (contohnya seperti di bagian T-Zone).
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sunscreen Recommended? Tidak Dengan Yang Ini!
  • So here’s the fun twist. Letakkan es batu dan air bersih ke dalam baskom lebar. Perlahan-lahan celupkan wajah Anda ke dalam baskom berisi air es tersebut. Celupkan wajah Anda selama 15-30 detik, not more! Jika Anda mencelupkan wajah lebih dari 30 detik, maka wajah Anda justru akan menjadi kering dan mengakibatkan produksi minyak jadi meningkat
  • Angkat wajah Anda dari air, dan tepuk-tepukkan handuk kering dan bersih untuk menghilangkan sisa bedak dan air. Ingat B’Timers, tepuk, bukan mengusap apalagi menggosok kering wajah Anda.
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tampil Cantik dengan Nail Art Hacks

Voila! Hasil dari teknik makeup ini akan membuat wajah Anda terlihat segar, halus, dan matte. Dari situ Anda bisa langsung mengaplikasikan makeup Anda seperti blush, eyeshadows, dan lipstik. Oh ya, terlepas dari kelebihan yang digembar-gemborkan tentang teknik Jamsu ternyata teknik ini memiliki dua kekurangan yang sangat minor.

Kekurangan yang pertama, bibir Anda akan menjadi kering sebagai akibat dari kontak langsung dengan air es. Anda perlu melakukan lips-scrubbing dan mengaplikasikan lip balm dalam jumlah yang sangat banyak sebelum mengaplikasikan lipstik. Menurut BreakTime sih, teknik ini tidak cocok untuk dijadikan jenis “last minutes makeup” jadi pastikan Anda mempersiapkan waktu yang cukup banyak untuk mencoba teknik ini ya. Selamat mencoba, B’Timers. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE