4 Penyebab Masalah Kecantikan Pada Bulu Mata | Breaktime
Hati-Hati, 4 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Bulu Mata
09.08.2015

Bulu mata adalah bingkai alami yang memperindah tampilan mata. Untuk mempercantik tampilannya, kerap kali para wanita melakukan ‘rutinitas ekstra’ yang bisa membuatnya tampak lebih lentik dan bervolume.

Namun, sayang rasanya ketika melihatnya perlahan gugur dan kemudian menipis seiring berjalannya waktu. Tak banyak yang sadar bahwa beberapa ‘rutinitas ekstra’ inilah yang kerap menjadi tersangka utamanya:

Terlalu sering memakai bulu mata palsu

Bulu mata palsu bisa jadi tersangka utama
Bulu mata palsu bisa jadi tersangka utama

Bulu mata palsu memiliki pengaruh yang sangat besar pada kesehatan mata. Bulu mata palsu membutuhkan perekat untuk diaplikasikan. Lokasinya pun mengambil area di sekitar bulu mata dan sangat dekat dengan mata. Maka dari itu, pastikan menggunakan produk terbaik untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Saat melepas bulu mata palsu, pastikan Anda melakukannya secara profesional. Bulu mata palsu biasanya terlekat erat pada bulu mata. Jika dilakukan secara kasar, maka bisa saja bulu mata Anda yang jadi korbannya.

Baca juga: Berkacalah, Jangan-Jangan Riasan Anda Bikin Pria Ilfeel

Mengaplikan mascara yang ‘tercemar’

4 Penyebab Masalah Kecantikan Pada Bulu Mata
Gunakan maskara dengan benar untuk menghindari side effect-nya

Nyatanya, maskara juga memiliki side effect yang cukup kuat pada bulu mata Anda. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Pertama, gantilah maskara Anda setiap enam bulan sekali. Maskara biasanya mengandung zat anti-bakteri untuk menjaga tabungnya tetap higienis. Seiring penggunaannya, oksigen akan ikut masuk saat tabung dibuka dan kemudian memengaruhi keberadaan zat tersebut. Alhasil, maskara Anda pun tak akan sehigienis kondisi awalnya.

Ke dua, pilihlah maskara yang mengandung zat pelembap. Zat ini berfungsi untuk menutrisi bulu mata Anda, serta menguatkannya. Ke tiga, hindarilah waterproof mascara ketika tidak dibutuhkan. Setara dengan kegunaannya, waterproof mascara biasanya sangat susah untuk dihilangkan. 

Efeknya, bulu mata malah bisa ikut terangkat saat Anda berusaha untuk menghapusnya. Untuk itu, Anda bisa menggunakan maskara berformula ringan sebagai gantinya. Pastikan juga kegunaan maskara sudah sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Atasi Ombre Hair yang Gagal dengan 3 Cara Ini

Tak berhati-hati saat menggunakan pelentik bulu mata

4 Penyebab Masalah Kecantikan Pada Bulu Mata
Jangan sampai pelentik bulu mata Anda malah menjadi perusak

Ketika melentikkan bulu mata, lakukanlah dengan hati-hati. Lakukanlah sebelum mengaplikasikan maskara untuk menghindarinya tertempel pada penjepit Anda. Selanjutnya, gantilah bantalannya dengan rutin. Bila tidak diterapkan, penyok akan terbentuk di bantalan yang kemudian berisiko memotong bulu mata Anda ketika mendorong penjepitnya ke dalam.

Teknik yang salah dalam membersihkan makeup

4 Penyebab Masalah Kecantikan Pada Bulu Mata
Bersihkan makeup mata Anda dengan hati-hati

Gunakanlah teknik yang tepat untuk membersihkan makeup di sekitar mata. Jangan pernah menggosoknya. Sebaliknya, gunakan campuran air hangat dan pembersih, biarkan selama lima menit untuk merenggangkan formula yang menempel dan kemudian bersihkan.

Untuk perawatan dari dalam, B’timers bisa mengonsumsi beberapa jenis bahan makanan yang mengandung Omega-3 seperti salmon dan makarel untuk membantu pertumbuhan bulu mata.

Share This Article