DIY Bedak Tepung Ganyong Untuk Cantik Alami | Breaktime
DIY Bedak Tepung Ganyong Untuk Cantik Alami
23.02.2017

Apa yang terbersit di pikiran B’timers ketika mendengar kata ganyong? Mungkin untuk para penduduk kota memang tidak terlalu mengenal apa itu ganyong. Jadi ganyong adalah sebuah tanaman yang memang lebih mudah ditemukan di daerah pedesaan. Tetapi sebenarnya tanaman ini pertama kali ditemukan di daerah Amerika Selatan.

Di Indonesia sendiri ganyong memiliki banyak persamaan nama, antara lain buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol, dan sinetra. Mungkin beberapa di antara Anda pernah mendengar nama-nama tersebut. Ganyong ini merupakan jenis tanaman umbi-umbian yang ternyata memiliki banyak manfaat dan mengandung gizi tinggi.

Ganyong ternyata sangat baik untuk tulang, pertumbuhan balita, obat antipiretik dan diuretic, alternatif pengganti beras, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya ganyong seringkali dijadikan campuran dalam olahan makanan. Tetapi ternyata ganyong tidak hanya baik untuk kesehatan, melainkan juga untuk kecantikan.

DIY Bedak Tepung Ganyong Untuk Cantik Alami | Breaktime
Umbi ganyong yang ternyata sangat bermanfaat

Ganyong bisa diolah menjadi tepung dan dibuat menjadi bedak untuk kecantikan. Tetapi sebelumnya Breaktime akan berikan cara mengolah ganyong menjadi tepung. Caranya mudah sekali, umbi ganyong dikupas lalu dicuci hingga bersih. Setelah bersih, umbi diparut atau ditumbuk terserah B’timers.

Setelah halus, ganyong dicampur dengan air dan diremas-remas hingga jadi seperti bubur. Setelah itu, dimasukkan dalam kain untuk disaring dengan cara diperas. Ampas yang ada dalam kain dicampur lagi dengan air dan diperas lagi. Lakukan cara tersebut secara berulang. Pastikan hasil saringan Anda terlihat jernih.

Selanjutnya, air hasil saringan tadi diendapkan selama semalam dalam bak. Nah, keesokan harinya akan ada banyak endapan pada air. Buang airnya dan endapan tersebutlah yang disebut dengan tepung. Letakkan dalam sebuah wadah dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu haluskan tepung dan jadilah tepung ganyong.

DIY Bedak Tepung Ganyong Untuk Cantik Alami | Breaktime
Tepung ganyong bisa dijadikan sebagai bedak

Setelah menjadi tepung, kini B’timers bisa mengolahnya menjadi bedak. Caranya juga gampang banget dan nggak memakan waktu. Pertama siapkan bahan-bahan yang diperlukan yaitu 4 sendok makan tepung ganyong, 1 sendok makan bubuk kakao, dan peppermint essential oil.

Kalau bahan yang dibutuhkan sudah ada, saatnya untuk membuat bedak alami dari tepung ganyong. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencampur tepung dengan bubuk kakao dalam sebuah wadah. Anda bisa menambahkan bubuk kakao sesuai dengan warna yang diinginkan. Kemudian tambahkan dengan 1 – 2 tetes minyak esensial peppermint. Jadilah bedak tepung ganyong yang sangat bermanfaat untuk kulit dengan ditambah bahan alami lainnya.

Kalau B’timers menginginkan shade yang lebih kemerahan bisa ditambahkan dnegan bubuk kayu manis yang bisa dibeli di pasar. Nah, Anda bisa langsung pakai bedak tepung ganyong untuk wajah cantik alami dan nggak menguras dompet. Selamat bereksperimen! (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE