Cukur Bulu Kemaluan Bikin Tambah Lebat, Mitos atau Fakta? | Breaktime
Cukur Bulu Kemaluan Bikin Tambah Lebat, Mitos atau Fakta?
04.09.2015

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Salah



Mungkin B’timers pernah mendengar anggapan bahwa sering mencukur bulu di sekitar daerah kemaluan justru akan membuatnya tumbuh lebat. Informasi tersebut sudah muncul dsejak lama  dan telah turun-temurun "diwariskan" kepada generasi selanjutnya tanpa penjelasan secara ilmiah.

So, benarkah demikian? Jawabannya adalah tidak. Menurut seorang pakar kesehatan rambut bernama Naomi Torres, anggapan mencukur bulu di daerah kemaluan akan menjadikannya lebih lebat hanyalah ilusi belaka.

Secara umum, dengan mencukur bulu di daerah kemaluan, maka ujung rambut yang masih berada di dalam kulit atau yang tidak ikut terpangkas akan berbentuk runcing dan miring. Ketika bulu-bulu tersebut kembali tumbuh, maka pertumbuhannya juga akan menyamping dan sedikit kaku, karena ujung paling atas sudah terpotong. Jadi, ketika indera peraba manusia meraba bagian tersebut, maka yang akan didapati adalah ilusi sesuatu yang tebal dan lebat, padahal sebenarnya sama saja.

Ilusi ‘tebal’ tersebut merupakan suatu perasaan yang ditangkap oleh indera peraba manusia
Ilusi ‘tebal’ tersebut merupakan suatu perasaan yang ditangkap oleh indera peraba manusia

Bahkan apa yang dikatakan oleh Torres tersebut juga seirama dengan apa yang diungkapkan oleh McMichael dari Department of Dermatology at Wake Forest Baptist Health, menjelaskan bahwa sampai sekarang pun tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa dengan mencukur bulu di daerah kemaluan dapat membuatnya lebih lebat dari sebelumnya.

“Tidak ada penelitian di balik lebatnya bulu (di daerah kemaluan) setelah dicukur,” jelasnya.

Pertumbuhan bulu di sekitar kemaluan setiap orang juga berbeda-beda, tergantung dari apa yang dikonsumsi, faktor genetika, hingga umur. Bahkan, bila diambil skala rata-rata, bulu kemaluan akan mencapai panjang normal selama 4 sampai 8 minggu.

Jadi B’timers tidak harus percaya lagi dengan anggapan mencukur bulu di daerah kemaluan dapat membuatnya tumbuh lebih lebat karena semuanya hanyalah mitos. (das)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE