Cleaning Hacks untuk Perhiasan Anda | Breaktime
Cleaning Hacks untuk Perhiasan Anda
14.06.2015

Kebanyakan orang akan menjadi sangat perhatian ketika berurusan dengan kebersihan pakaian, sepatu atau tas. Namun, untuk urusan perhiasan, banyak orang yang terkesan mengacuhkannya. Alasannya, banyak orang yang tak tahu bagaimana cara membersihkannya.

Dalam hal ini, Anda bisa saja membeli beberapa pembersih yang dikhususkan untuk perhiasan. Selain pembersih-pembersih khusus ini, B’timers sebenarnya juga bisa menggunakan alternatif lain, yaitu dengan beberapa produk sederhana yang bisa dijumpai dan didapatkan sehari-hari, seperti berikut ini:

Saus Tomat untuk Perak dan Kuningan

Siapa sangka saus tomat bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan?
Siapa sangka saus tomat bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan?

Saus tomat kini bukan hanya sebagai pendamping burger dan kentang goreng semata, tetapi juga sebagai pencerah perhiasan-perhiasan Anda yang sudah kusam. Rendamlah perhiasan Anda di dalam mangkok berisi saus tomat, dan diamkan selama lima sampai sepuluh menit. Setelah itu, angkat perhiasan Anda dan sikat dengan lembut menggunakan gosok gigi. Sisanya, Anda hanya perlu membilasnya dengan air hangat dan mengeringkannya.

Air Soda untuk Batu Permata

Air soda bikin permata kembali ‘cling’
Air soda bikin permata kembali ‘cling’

Air soda bisa membawa kembali kecantikan batu permata favorit Anda seperti sapphire dan ruby. Caranya, Anda hanya perlu meletakkannya di gelas berisi air soda, dan rendamlah semalaman. Keesokan harinya, angkatlah perhiasan Anda dari gelas, kemudian usaplah sisa-sisa soda dengan kain lembut.

Pembersih Jendela untuk Perhiasan Logam

Berlian bisa kembali berkilau dengan pembersih jendela
Berlian bisa kembali berkilau dengan pembersih jendela

Pembersih jendela dapat menjadi solusi yang tepat untuk perhiasan berbahan logam Anda, atau item-item dengan batu permata seperti berlian dan ruby. Gosoklah perhiasan Anda dengan sikat gigi untuk mengangkat kotoran-kotoran yang ada. Terakhir, bersihkanlah perhiasan Anda dengan kain.

Pasta Gigi untuk Semua Jenis Perhiasan

Perhatikan waktu pembersihan jika gunakan pasta gigi
Perhatikan waktu pembersihan jika gunakan pasta gigi

Jangan heran, pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan sebagian besar koleksi aksesori yang ada di dalam kotak perhiasan Anda, kecuali aksesori dengan bahan dasar mutiara.  Caranya, letakkan cukup pasta gigi pada sikat gigi, kemudian gosokkanlah pada perhiasan-perhiasan Anda yang tampak kurang bercahaya. Rendamlah kain bersih pada air hangat, kemudian bersihkanlah sisa-sisa pasta gigi sampai benar-benartak bersisa.

Perlu diingat bahwa kebanyakan pasta gigi ini membersihkan perhiasan Anda melalui senyawa asamnya yang juga bersifat abrasif. Maka dari itu, perhatikan waktu pembersihannya dan jangan lakukan secara berlebihan.

Selanjutnya, langkah-langkah mudah ini tentu bisa membantu penampilan B’timers lebih cemerlang, melalui perhiasan-perhiasan yang semakin cemerlang. Selamat mencoba!

Share This Article