Tips Kecantikan Merawat Rambut Saat Liburan | Breaktime
Cintai Rambut Saat Berlibur, Ini Caranya
21.08.2015

Musim panas memang waktu yang paling tepat untuk berlibur. Langit yang cerah adalah pertanda yang sempurna untuk menikmati liburan, sementara teriknya matahari adalah teman yang tepat untuk bersantai.

Sebelum berlibur, ada baiknya juga untuk memperhatikan perawatan rambut Anda agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan terburuk yang bisa terjadi akibat paparan sinar matahari. Berikut adalah 4 hal yang bisa B’tiemrs terapkan:

Bilas rambut sebelum dan sesudah berenang

Hal ini bisa membantu Anda dalam meminimalisir pengaruh klorin yang terkandung di dalam kolam renang. Klorin adalah zat pembersih yang dimaksudkan untuk membunuh kuman-kuman yang terdapat di dalam air. Sayangnya, klorin juga dapat mengikis struktur rambut dan hal ini semakin diperparah ketika rambut terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu, Anda disarankan untuk membilas rambut setelah dan sebelum berenang. Dengan rambut yang basah, akan lebih sedikit pula klorin yang akan terserap.

Tips Kecantikan Merawat Rambut Saat Liburan
Gunakan hair sunscreen untuk melindungi rambut

Gunakan hair sunscreen

SPF untuk rambut memiliki sistem kerja yang sedikit berbeda bila dibangdingkan dengan SPF untuk kulit. Namun, keduanya tetap memiliki tujuan yang sama. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen pada rambut untuk menyaring sinar UV dan menyerap sinar matahari, serta menjaga warna dan kelembapannya. 

Hindari panas ekstrim

Rambut yang tertata sempurna mungkin telah menjadi sebuah keharusan saat berlibur. namun panas dari alat penata rambut juga bisa memperburuk kondisi rambut dengan merusak dan menumpulkan warnanya. Jika Anda tidak bisa meninggalkan blow-dryer atau curling wand tersebut, maka turunkan temperaturnya saat digunakan.

Tips Kecantikan Merawat Rambut Saat Liburan
Pakailah temperatur terendah untuk mengeringkan rambut

Pakai shower filter

Cara satu ini memang terlihat sepele, namun bisa juga Anda terapkan bila memungkinkan. Tambahkan filter pada shower Anda untuk menyaring kandungan-kandungan logam berat seperti merkuri, magnesium dan tembaga, serta karat dari pipa baja yang masuk ke aliran air. Menyaring racun-racun ini bisa membantu Anda memaksimalkan perawatan rambut.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan di salon untuk mengkondisikan rambut setelah berlibur. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan perawatan sederhana di rumah agar rambut Anda tetap dalam kondisi yang semestinya.

Share This Article