Cek Masa Kadaluarsa Make Up Kesayangan | Breaktime
Cek Masa Kadaluarsa Make Up Kesayangan
26.09.2015

Sebagai wanita dengan segudang aktivitas, Anda dituntut untuk tampil cantik maksimal. Belum lagi bertemu klien, hingga pasangan saat kencan. Penggunaan makeup pun menjadi hal mutlak. Peralatan makeup dari A sampai Z harus ada dalam pouch kesayangan. Maka dari itu, penting sekali untuk tahu masa tenggang dari makeup tersebut.  Jika sudah melewati masa kadaluarsa, selain tidak aman untuk kulit muka, tidak jarang area wajah menjadi berjerawat.  Yuk, cek dan kenali lebih dalam jangkauan waktu penggunaan makeup favorit:

Lipstik

Bila sudah kedaluwarsa, lipstik akan menggumpal dan memiliki aroma yang kurang sedap
Bila sudah kedaluwarsa, lipstik akan menggumpal dan memiliki aroma yang kurang sedap

Rona pewarna bibir ini paling difavoritkan dalam amunisi tampil cantik merona. Pulasan warna fuchsia yang menggoda, dark plum yang seksi atau nude yang netral menjadi sentuhan akhir pada penampilan. Masa tenggang dari lipstik adalah 2 hingga 3 tahun.  Dalam pengaplikasian lipstik pada bibir sebaiknya menggunakan kuas khusus. Hal ini dilakukan agar lipstik bertahan lebih lama, pastikan kuas selalu rutin dibersihkan.

Kuas wajah

Sebaiknya gunakan kuas dalam mengaplikasikan bedak pada wajah
Sebaiknya gunakan kuas dalam mengaplikasikan bedak pada wajah

Proses touch up membutuhkan powder yang tepat dan sesuai dengan jenis rona kulit muka. Powder favorit juga menjadi riasan jitu wajah tampak berbinar alami. Bedak wajah dibedakan menjadi 2 kategori yaitu bedak dengan tabur dan bedak padat. Masa kadaluarsa dari bedak tabur sekitar 2 tahun dan bedak padat 6 bulan.

Bedak tabur harus menggunakan kuas khusus dalam mengaplikasikan pada riasan wajah sedangkan bedak padat biasa kita kenal dengan compact powder.  Dalam compact powder terdapat spons  khusus, jangan malas mencuci dan mengganti spons secara berkala. Basmi bakteri dan kuman dengan cara bersihkan dengan sampo bayi dan rendam dengan air hangat untuk melunturkan sisa powder yang menempel.

Maskara

Maskara yang mengandung formula waterproof  selalu menjadi primadona
Maskara yang mengandung formula waterproof selalu menjadi primadona

Masa tenggang umur maskara adalah sekitar 6 bulan.  Jika sudah memasuki masa kadaluarsa, maskara akan menggumpal dan dapat menyebabkan iritasi. Sikat dari maskara juga bisa menjadi sarang berkembangnya bakteri dan kuman jika jarang dibersihkan dan dirawat. Rendam sikat dengan air hangat dan keringkan dengan tissue untuk menghindari penggumpalan saat sering dikenakan. Selain itu celup sikat maskara dengan eye-makeup remover yang mengandung minyak. Bersihkan dengan cotton bud.

Eyeshadow

Eyeshadow & Pensil Eyeliner
Eyeshadow & Pensil Eyeliner

Berikan kerlingan tatapan cantik dengan bermain di area mata. Eyeshadow nuansa warna memikat dapat bertahan hingga 3 tahun. Bersihkan kuas eyeshadow agar terhindar dari bakteri menempel. Tambahan eyeliner dapat mempercantik penampilan. Eyeliner pensil lebih awet dibandingan dengan yang cair, pilih pensil eyeliner dengan tutup pensil yang dapat menjaga kebersihan eyeliner.

Ragam makeup yang muncul di pasaran sudah banyak jumlahnya dengan variasi kegunaan masing-masing. Label kecantikkan berlomba memberikan yang terbaik untuk setiap jagoan produk yang ditawarkan. Mulai jeli dan peduli lagi batas waktu maksimal makeup yang dikenakan agar wajah terhindar dari bahaya yang berlebih. (avp)

Share This Article