Cara Jitu Menghilangkan Komedo Pakai Bahan Alami | Breaktime
Cara Jitu Menghilangkan Komedo Pakai Bahan Alami
02.01.2017

Apakah B’timers memiliki masalah komedo? Yang satu ini menyerang hampir semua orang. Komedo muncul disebabkan karena kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Kemudian minyak tersebut berkumpul di dalam pori selama berhari-hari, bercampur bakteri, mengeras, dan mengakibatkan gumpalan di wajah. Komedo pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih alias whitehead, dan komedo hitam atau blackhead. Sebenarnya kedua komedo ini sama, hanya saja salah satunya tidak tertutup lapisan kulit sehingga mengalami oksidasi dan membuatnya berwarna hitam. Biasanya komedo hitam terasa kasar di kulit wajah, dan cara menghilangkan komedo terbilang cukup sulit. Bagi Anda yang terkena masalah ini jangan khawatir untuk mencari solusinya karena ada cara alami yang bisa dilakukan, dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menghilangkan komedo:

  • Baking Soda. Baking soda selain untuk bahan dapur, bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk komedo serta jerawat. Baking soda berfungsi membersihkan kulit dari kotoran dan kuman yang hinggap di wajah. Caranya : Campur dua sendok teh baking soda dengan air matang untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada daerah kulit yang terdapat komedo disertai pijatan yang lembut. Biarkan kering selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini 1-2 kali seminggu.
  • Jus Lemon. Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya yaitu dengan menggunakan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon sangat efektif untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Lemon mengandung asam alpha-hydroxy yang bagus untuk mencegah jerawat, komedo serta masalah kulit lainnya. Asam sitrat pada lemon juga membantu mengencangkan pori-pori yang berfungsi mencegah munculnya komedo. Caranya yaitu siapkan jus lemon, campurkan dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oleskan pada area yang berkomedo secara merata, tunggu beberapa 10 menit lalu bilas memakai air bersih. Cara ini juga ampuh untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah anda. Anda juga bisa membuat scrub, dengan campuran air lemon, air garam, madu dan yoghurt. Campurkan bahan tersebut lalu gosokkan lembut di area yang terkena komedo.
Cara Jitu Menghilangkan Komedo Pakai Bahan Alami | Breaktime
Pakai masker alami sendiri di rumah
  • Masker Putih Telur. Putih telur sangat bagus untuk membersihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menyerap minyak berlebih dan mengencangkan pori-pori. Cara menghilangkan komedo yaitu dengan balurkan putih telur (anda juga bisa menambahkan satu sendok madu) pada wajah yang terserang komedo atau hidung anda secara merata, kemudian diamkan sampai terasa mengering, sekitar 25-30 menit. Selanjutnya basuh muka anda menggunakan air hangat.
  • Susu dan Madu. Susu dan Madu memiliki beberapa sifat yang bermanfaat untuk kulit. Susu memiliki asam laktat yang dapat membuat kulit lebih lembut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri. Keduanya bagus untuk menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya: siapkan 1 sendok teh susu, 1 sendok makan madu (usahakan madu murni) dan selembar kapas kecantikan (biasanya berbentuk persegi). Campurkan madu dan susu, lalu hangatkan (bisa dimasak) selama 5-10 detik hingga menjadi pasta. Tunggu agak dingin, lalu usap pasta ke bagian komedo. Setelah itu tempelkan kapas ke area tersebut. Tunggu hingga mengering, kurang lebih 20 menit, lalu kupas kapas dibantu dengan air bersih. Lakukan secara teratur setiap hari.
  • Uap Air Panas. Nah, biasanya jika anda sedang merebus air, maka manfaatkan uap air panasnya untuk menghilangkan komedo anda. Selain itu cara efektif lainnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut, kemudian tunggu sampai mendidih, lalu uapi wajah atau area yang berkomedo selama 5-10 menit lamanya. Untuk lebih maksimal, tutup kepala anda dengan handuk, lalu duduk dan hadapkan wajah anda di depan air panas yang ditaruh di baskom

Selain berbagai cara menghilangkan komedo di atas, Anda juga bisa menggunakan strip penghilang komedo (pore strip) alias plester komedo buatan sendiri, dengan cara menggunakan gelatin atau putih telur yang dioleskan pada tisu, lalu tempelkan pada bagian yang berkomedo selama 10 menit hingga kering, kelupas, lalu basuh wajah dengan air. Jangan lupa untuk menggunakan serum vitamin kulit untuk memperkecil pori kulit yang telah terbuka. Semoga berhasil! (ck)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE