Cantik Dengan Air Cucian Beras, Bagaimana Bisa?
Cantik Dengan Air Cucian Beras, Bagaimana Bisa?
08.02.2017

Menjadi cantik dengan memiliki kulit yang halus, sehat, dan bercahaya adalah impian setiap wanita di dunia sepertinya. Banyak cara yang dilakukan untuk menjadi canti, B’timers. Ada yang menggunakan cara instan, ada juga yang menggunakan cara alami. Bahan-bahan alami yang sering banget digunakan untuk mempercantik diri antara lain lemon, madu, gula, minyak zaitun, dan alpukat. Itu mungkin jadi hal biasa dan semua orang juga pasti sudah tahu.

Tetapi bagaimana jika dengan menggunakan air cucian beras? Mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau air cucian beras ternyata juga ampuh membuat kulit cantik. Bagaimana bisa? Yup, ini karena air cucian beras mengandung vitamin, mineral, asam amino, asam ferulic sebagai antioksidan, dan allantoin sebagai antiinflamasi.

Untuk membuat air cucian beras jadi bermanfaat untuk kulit, Anda hanya membutuhkan ½ cup beras dan 2 cups air. Langkah pertama, Anda hanya tinggal meletakkan ½ cangkir beras dalam mangkuk, lalu tuangkan air. Biarkan beras terendam selama 15 – 30 menit. Setelah itu, Anda bisa mulai mengaduk dan menguleni sampai airnya keruh. Ini akan membantu vitamin dan mineral beras menyerap ke air.

Setelah itu, saring air beras ke dalam wadah bersih. Air cucian beras ini tidak hanya digunakan sekali, karena Anda bisa menyimpannya di dalam lemari es untuk satu minggu.

Setelah air beras berwarna keruh, disaring dan bisa digunakan
Setelah air beras berwarna keruh, disaring dan bisa digunakan

Nah, setelah tahu cara menghasilkan air cucian beras, Breaktime akan bocorkan apa saja manfaat air cucian beras tersebut untuk kecantikan kulit Anda.

Pertama, air cucian beras bisa dipakai sebagai pembersih wajah. Anda hanya perlu mencelupkan kapas ke dalam air beras. Lalu, oleskan pada wajah dan pijat lembut selama beberapa menit. Biarkan kering agar air cucian beras tersebut meresap ke dalam kulit wajah. Jika Anda menggunakannya secara rutin setiap malam sebelum tidur, Anda akan melihat perubahan pada kulit wajah menjadi lembut, halus, kencang, dan shining.

Selain untuk membersihkan wajah dari kotoran, air cucian beras juga berfungsi sebagai toner atau penyegar. Rendam kapas dalam air cucian beras, oleskan pada wajah. Ini akan sangat bermanfaat untuk merangsang aliran darah, meningkatkan pertumbuhan sel kulit baru, dan mencerahkan wajah.

B’timers yang berjerawat juga bisa banget pakai air cucian beras sebagai obat. Lakukan hal yang sama seperti cara-cara sebelumnya. Ini sangat berfungsi untuk membunuh jerawat, mendinginkan radang, dan mengencangkan pori-pori wajah.

Air beras ternyata juga mengandung komponen pati yang sangat efektif mengurangi efek eksim pada kulit. Anda hanya perlu mencelupkan kain bersih ke dalam air beras. Lalu, tepuk-tepuk pada wajah selama beberapa menit dan pastikan udara di ruangan Anda kering.

Tambahkan minyak esensial seperti minyak rosemary untuk rambut sehat
Tambahkan minyak esensial seperti minyak rosemary untuk rambut sehat

Air beras juga bisa menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi. Caranya juga gampang, hanya dengan mengoleskan air beras pada bagian yang teriritasi. Selama sekitar 15 menit setelah diolesi, kulit yang mengalami iritasi akan membaik.

Kalau Anda hobi banget tanning, pasti akan membuat kulit terbakar dan rasanya sangat perih serta panas. Solusi yang tepat adalah dengan menggunakan air cucian beras yang berfungsi sebagai pendingin kuilit yang terbakar.

Ternyata, air beras tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga untuk rambut. Air cucian beras bisa digunakan sebagai sampo ataupun  kondisioner. Nah, untuk menggunakannya sebagai sampo, B’timers harus menambahkannya dengan beberapa tetes minyak rosemary, lavender, atau geranium. Setelah keramas, barulah tuangkan campuran tersebut dan pijat lembut kepala Anda. Gunakan ramuan ini sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Sama halnya dengan cara di atas, untuk mengubah air beras jadi kondisioner, campurkan dengan beberapa tetes minyak esensial. Terapkan pada seluruh batang sampai ujung rambut Anda. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Dengan begitu, Anda akan memiliki rambut yang kuat, lembut, dan sehat. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE