B’timers, Ini Lho Pentingnya Tabir Surya | Breaktime
B’timers, Ini Lho Pentingnya Tabir Surya
21.05.2015

Bagi kita yang tinggal di daerah beriklim tropis, wajib hukumnya menggunakan SPF atau tabir surya karena matahari adalah salah satu penyebab utama dari masalah penuaan pada kulit. SPF atau Sun Protection Factor ada yang mengandung SPF 15, 20, 30 bahkan 50. Bahkan hampir semua kosmetik sekarang menggunakan SPF sebagai keunggulan produk mereka. 

Fungsi SPF sendiri adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang berbahaya bagi kulit, bahkan bisa memicu kanker kulit. Yuk, intip tips menggunakan tabir surya, agar efektif melindungi kulit Anda!

  • Pilih tabir surya yang tahan air dan tahan keringat, sekaligus yang dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai macam radiasi termasuk radiasi UV-A.
  • Sebaiknya oleskan tabir surya 20 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Dan oleskan kembali setelah 20 menit terkena paparan sinar matahari.
  • Pilih produk kosmetik seperti bedak dan alas bedak yang mengandung sedikitnya SPF 15. Namun jika kulit cenderung putih, berarti Anda membutuhkan tabir surya yang lebih tinggi. Sekalipun produk kosmetik seperti bedak sudah mengandung tabir surya, Anda masih harus menggunakan tabir surya yang berbeda dengan kosmetik.
Jangan malas memakai tabir surya untuk melindungi keindahan dan kesehatan kulit
Jangan malas memakai tabir surya untuk melindungi keindahan dan kesehatan kulit
  • Pada saat berenang, oleskan 20 menit sebelum terkena paparan sinar matahari langsung, setelah itu oleskan setiap dua jam sekali.
  • Oleskan tabir surya di seluruh bagian wajah hingga ke leher dan bagian lain yang terkena paparan sinar matahari, terutama hidung.
  • Kenali jenis kulit Anda untuk menentukan tabir surya yang tepat. Jika kulit Anda cenderung berminyak, pilih tabir surya dalam bentuk gel sedangkan jika kulit termasuk jenis yang kering, gunakan tabir surya berbentuk krim.
  • Sebelum membeli dan sebelum menggunakan sebaiknya selalu cek tanggal kadaluwarsa pada produk tabir surya. Kenali tanda-tanda produk yang sudah tidak layak pakai, yaitu jika kering, kental, atau berubah warna.

Penting diingat! Selalu tetap gunakan SPF walaupun tidak ada matahari terutama ketika Anda beraktivitas.diluar ruangan, karena 80% dari sinar matahari yang terpantul. Nah, jangan malas lagi menggunakannya, ya. Yuk B’timers, berinvestasi untuk kulit sehat!

Share This Article