Bibir Kering Saat Puasa? Atasi dengan Cara ini! | Breaktime
Bibir Kering Saat Puasa? Atasi dengan Cara ini!
12.06.2016

Kurangnya asupan cairan selama puasa, tidak hanya membuat tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga saja, lho, B’timers. Kondisi kulit terutama bibir cenderung jauh lebih kering dari bulan biasa. Nah, ketika puasa Anda pasti bingung kan, bagaimana caranya untuk mengatasi bibir kering. Tips ini bisa membantu Anda, B’timers!

Jangan basahi bibir dengan air liur

Dengan kondisi tersebut, biasanya Anda akan membasahi bibir dengan air liur. Namun, meskipun terasa sangat kering, jangan pernah tergoda untuk menjilati bibir Anda, B’timers. Pakar kesehatan sangat tidak menganjurkan ini. lho. Dalam air liur kita terkandung enzim dari kelenjar saliva yang justru bikin bibir Anda bertambah kering, bahkan bisa meradang, lho.

Gunakan pelembab bibir

Sebagai penanganan pertama untuk mengatasi bibir kering, Anda bisa menggunakan pelembab bibir, B’timers. Jika Anda merasa bibir mulai kering, oleskan saja lipbalm. Anda bisa memilih lipbalm natural maupun yang berwarna, kok. Pakai sesering mungkin untuk menjaga kelembaban bibir, namun jangan pilih yang berbau dan mengandung rasa, ya?

Bibir Kering Saat Puasa? Atasi dengan Cara ini! | Breaktime
Eits, pria juga perlu menjaga kelembaban bibir, lho!

Perhatikan asupan cairan

Tidak hanya menggunakan lipbalm saja untuk mengatasi bibir kering selama berpuasa. Disarankan utnuk selalu memperhatikan asupan cairan. Konsumsilah air putih yang cukup, terutama selama buka puasa hingga sebelum tidur dan saat sahur. Menurut pakar kesehatan, idealnya dalam sehari, seseorang mengonsumsi 30 hingga 50 cc per berat badan.

Tambahkan asupan buah dan sayuran

Anda tentu mengetahui, kan, jika sayuran dan buah-buahan segar mengandung banyak air yang sangat penting bagi tubuh, kan? Karena faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi kondisi bibir yang kering, B’timers. Sayur dan buah kaya akan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dari lingkungan luar. Jadi, jika Anda bukan penggemar makanan sehat, mulailah dari sekarang.

Dan jangan lupa mengaplikasikan pelembab tubuh dan kulit setelah shalat, ya, B’timers? (NO)

Share This Article