Bersihkan Kuas Make Up Itu Wajib! | Breaktime
Bersihkan Kuas Make Up Itu Wajib!
14.05.2015

Terkadang karena rutinitas yang padat, B’timers tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kuas make up. Padahal, mencuci kuas make up hukumnya ‘wajib’ terutama untuk kuas yang sering digunakan. Karena jika tidak dibersihkan, selain menjadi tempat bersarangnya kuman sekaligus juga bisa memicu timbulnya jerawat atau gangguan kulit pada wajah. 

Sistem kerja kuas make up pada dasarnya adalah menyerap minyak dari kulit wajah. Bayangkan jika sisa make up menumpuk pada bulu-bulu kuasnya dan pada saat Anda meletakknya di dalam tas make up atau lemari hias, ada banyak debu dan kotoran yang juga ikut menumpuk. Secara tidak langsung, Anda akan mentransfer tumpukan kotoran itu pada kulit wajah.

Oleh karena itu B’timers perlu mengetahui cara membersihkan kuas make up seperti berikut ini:

Cuci kuas

Basahi kuas di bawah air mengalir
Basahi kuas di bawah air mengalir

Hindari terkena gagang kuas, dan penggunaan air panas karena dapat merusak lem yang pada bulu-bulu kuas. Sebaiknya gunakan air dingin untuk mempertahankan bentuknya. 

Bersihkan dengan sabun

Gunakan sabun yang berbahan lembut
Gunakan sabun yang berbahan lembut

Tuangkan beberapa tetes shampoo, cairan pembersih piring, atau baby oil pada satu mangkok berisi air bersih. Lalu bersihkan kuas make up dengan cara menyapukan kuas ke arah kiri dan kanan secara perlahan di dalam mangkok. Hindari merendam kuas secara keseluruhan.

Bilas kuas

Bersihkan hingga tak ada sabun yang menempel
Bersihkan hingga tak ada sabun yang menempel

Setelah kuas dirasa cukup bersih, bilas dibawah air mengalir sambil tekan-tekan dengan jari. Lakukan sampai tak ada sabun yang tersisa.

Keringkan kuas

Gunakan kain bersih untuk mengeringkan kuas
Gunakan kain bersih untuk mengeringkan kuas

Keringkan dengan cara menyapukan kuas di atas kain bersih, hingga air yang terkandung pada bulu-bulu kuas berkurang. Hindari menegakkan kuas dengan kepala kuas berada di atas, sebaiknya letakkan kuas di atas permukaan yang datar.

Tips:

  • Gunakan minyak zaitun untuk kuas bibir dan eyeliner, caranya siapkan lembaran tisu lalu tuangkan beberapa tetes minyak zaitun, sapukan kuas ke arah kiri dan kanan, lakukan berulang hingga sisa lipstick atau eyeliner menempel pada permukaan tisu.
  • Dalam kondisi kuas ‘setengah’ kering, kembangkan bulunya untuk mendapatkan kembali bentuk semula.

Mudah, kan? Waktu yang paling ideal untuk membersihkan kuas make up adalah satu minggu sekali. Selamat mencoba!

Share This Article