Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama | Breaktime
Bermain Polkadot dengan Yayoi Kusama
27.08.2015

Yayoi Kusama adalah seorang seniman Jepang sekaligus penulis, ia sangat mudah dikenali dengan penampilannya yang extraordinary. Sepanjang hidupnya wanita eksentrik kelahiran 2 Maret 1929 ini telah bekerja di berbagai media yang tentunya berhubungan dengan jiwa keseniannya yang sangat tinggi.

Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama
Inilah Yayoi Kusama Sang maestro Pop Psychedelic

Berbagai karyanya yang berbentuk lukisan, kolase, patung, seni pertunjukan dan instalasi lingkungan menunjukkan minatnya yang sangat besar terhadap warna psychedelic, pengulangan dan pola. Andy Warhol dan Claes Oldenburg adalah seniman-seniman besar yang juga menjadi inspirasi karya karyanya. Kusama diakui sebagai salah satu seniman penting dari Jepang.

Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama
Kusama lekat dengan corak polkadot

Kusama mulai mengenal dan menciptakan seni pada usia dini, ia sangat tertarik dengan seni avant garde Eropa dan Amerika. Lalu pada tahun 1957, ia hijrah ke Amerika Serikat dan menetap di New York City. Di kota inilah ia menghasilkan lukisan yang dipengaruhi ekspresionis abstrak.

Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama
Salah satu karyanya yang berjudul I Who Arrived In Heaven

Lalu, Kusama beralih ke patung dan seni instalasi sebagai media utama karyanya. Bersanding dengan karya-karya Andy Warhol, Claes Olden Burg, dan George Segal. Pada akhir 1960-an Kusama menarik perhatian publik, di mana dia menggelar sebuah instalasi seni yang semua pesertanya tidak menggunakan sehelai benang pun hanya di cat dengan motif polkadot berwarna cerah.

Pada sekitar tahun 1977, Yayoi Kusama mengakui bahwa dirinya mengalami masalah kejiwaan dan dengan sukarela bersedia di rawat di sebuah rumah sakit. Dari sini, ia terus menghasilkan karya seni di berbagai media, ia menerbitkan beberapa novel, kumpulan puisi dan otobiografi. Karyanya selalu kental dengan nilai feminisme, minimalis, surealisme, pop art, psikologi, dan seksual.

Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama
Louis Vuitton window display x Yayoi Kusama

Selain di dunia seni, ia juga mulai merambah ke dunia fashion dan berkolaborasi dengan Marc Jacob untuk Louis Vuitton. Baik untuk konsep desain dan window display-nya, setiap rancangan Kusama sarat akan ciri khas-nya, yaitu titik-titik polkadot dan pengulangan.

Padu Padan Polkadot dengan Mode Fashion Yayoi Kusama
Koleksi Marc Jacob for Louis Vuitton x Yayoi Kusama

Seiring dengan karya-karyanya yang luar biasa, penampilannya pun luar biasa. Hanya ia yang sanggup memadukan warna rambut bright color dan outfit penuh motif dan warna dalam satu kesempatan, namun tetap terlihat awesome. Itulah satu dari sekian banyak wanita yang menginspirasi. Berani seperti Yayoi Kusama?

Share This Article