Begini Tenik Marble Hair Dye Yang Menakjubkan! | Breaktime
Begini Tenik Marble Hair Dye Yang Menakjubkan!
01.07.2017

Dulu, mewarnai rambut dianggap tabu dan mungkin sebagian orang masih hingga sekarang. bagi orang Indonesia, rambut yang cantik adalah rambut yang berwarna hitam atau asli dari lahirnya. Sementara orang bule bangga dengan rambut pirang yang dimilikinya. Hair dye dikomersilkan pertama kali pada tahun 1900-an oleh ahli kimia Prancis yang kini produknya dikenal dengan merk L’oréal. Tahun 1932, formula di dalam pewarna rambut ditingkatkan.

Misal dulunya cat rambut mudah sekali luntur, komposisinya diteliti kembali sehingga cat rambut tahan lama.  Kemudian di 1950, orang-orang yang suka mengecat rambut mereka tidak lagi khawatir karena produk pewarnaan rambut sudah tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti hidrogen peroksida sehingga aman digunakan berkali-kali. Di perjalanan tahun ‘70an-‘90an, stereotip orang-orang mulai berubah. Yang dulunya anti dan sentimen dengan mewarnai rambut jadi mulai menerima dan terbuka terhadap produk hair coloring.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ladies! Ini Hairstyle Terbaik untuk Musim Panas!

Keterbukan tersebut tidak lepas dari pengaruh para artis-artis Hollywood yang mewarnai rambutnya dan jadi trendsetter pada masa itu. Belum lagi para band rock dan punk yang juga memberikan sumbangsih dalam budaya mewarnai rambut. Salah satu tren mewarnai rambut yang dipengaruhi oleh punk dan rock  adalah tren rambut warna unicorn. 

Begini Tenik Marble Hair Dye Yang Menakjubkan! | Breaktime
kerennya dengan marble hair

Sekarang sudah banyak warna yang bisa Anda pilih mulai dari yang natural sampai yang nggak umum. Serunya lagi, warna-warna tersebut bisa dicampur dengan berbagai teknik dan jadi tren tersendiri.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
No Matter What, Sebaiknya Hindari 7 Haircut Ini!

Nah, bicara soal teknik pewarnaan rambut, muncul lagi tren mewarnai rambut yang lagi ‘in’ banget. Tren ini tidak lepas dari booming-nya cara mengecat kuku yang baru, marble nail art. Beberapa warna cat kuku ditumpahkan di atas air lalu diaduk dengan tusuk gigi dan voilà! Efek swirled yang memanjakan mata hadir menghias kuku cantik Anda. 

Begini Tenik Marble Hair Dye Yang Menakjubkan! | Breaktime
Proses colouring untuk marble hair

Terus, kalau teknik marble tersebut juga diaplikasikan ke rambut, bagaimana ya hasilnya? Seorang hair color artistasal Amerika, Ash Fortis,telah mencoba tren marble ke dalam karya seninya dan berhasil. Dalam wawancaranya dengan salah satu majalah, ia mengatakan kalau nail art berpengaruh besar dalam karya-karyanya. Kalau marble bisa berhasil di kuku, kenapa tidak dengan rambut.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
7 Haircut Untuk Pria Afro Berkulit Gelap

Seniman yang memiliki nama akun @xostylistxo dan memiliki pengikut lebih dari seribu orang di instagram ini membagikan teknik marble miliknya dengan mengunggah sebuah video singkat dan memperlihatkan potongan-potongan proses pengecatannya. Pertama, rambut di-bleaching dulu agar warna dari cat lebih keluar. Setelah proses bleaching selesai, saatnya mengecat rambut. Pertama, sebelum mewarnai rambut. Kertas dialasi terlebih dahulu dengan krim cukur rambut. Krim cukur ini yang biasa dipakai oleh pria untuk mencukur jenggotnya itu, lho. Setelah itu, ia membuat pola swirle dengan kombinasi beberapa warna diatasnya dengan kuassehingga terbentuk pola marble yang cantik. Setelah mencapai tingkat pola yang diinginkan,kertas-kertas tersebut ditempelkan ke rambut hingga semuanya tertutupi.

Tidak ada formula khusus dalam teknik ini karena warna dan hasil campuran dari setiap warna selalu berbeda setiap waktu. Pola marble ini juga punya efek Perlu Anda ketahui, marble technique memberikan efek psychedelic. Anyway, tren marble bukan untuk Anda yang ingin hasil warna rambutnya sama seperti di gambar. Tapi, jika Anda suka sesuatu yang mengejutkan, maka teknik ini cocok untuk jiwa petualang Anda!



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE