Beauty Trend Chocolate Challenge, Berani Ikutan? | Breaktime
Beauty Trend Chocolate Challenge, Berani Ikutan?
25.07.2017

Anda masih saja merasa bahwa untuk masuk ke dalam standar kecantikan adalah dengan memiliki kulit putih bersih yang berkilauan, B’timers? Wah, lalu bagaimana ceritanya dengan mereka yang dilahirkan dengan kulit berwarna gelap, apakah itu artinya mereka tidak memiliki kesempatan sama sekali menjadi wanita cantik?

Padahal di dunia ini tak hanya ada kulit berwarna putih saja, lho, B’timers. Wanita Asia dianugerahi kulit berwarna kuning langsat atau putih bening. Sementara wanita dari benua Amerika dan Eropa memiliki jenis kulit putih kemerahan. Dan jangan lupa dengan wanita-wanita dari Afrika yang justru memiliki kulit yang cenderung gelap. Sayangnya kebanyakan wanita berkulit gelap dijadikan obyek pem-bully-an.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bye Pore Pack, Begini Cara Menghilangkan Komedo

Well, mungkin itulah latar belakang yang membuat seorang blogger kecantikan berkulit putih yang aktif di YouTube, Vika Shapel, ingin berusaha menunjukkan kepada dunia tentang apa itu blackface. Untuk itu dia pun membuat sebuah tantangan, yang dia beri nama Chocolate Challenge, B’timers.

Kontes ini dimaksudkan untuk mendorong para pecinta kecantikan mencoba riasan berwarna coklat dan cara adalah dengan menyelimuti diri mereka di dalam riasan berwarna coklat.

Di dalam sebuah postingan di Instagram baru-baru ini mulai ramai diperbincangkan oleh netizen karena tantangan yang dipromosikan. Shapel mendorong para pengikutnya untuk menyaksikan video dirinya di mana dia mengubah kulitnya yang berwarna pasty pale menjadi deep chocolate skin tones, B’timers.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jadi Master Contouring Dengan KKW Contouring Kit!

Dia tak sendiri. Bersama salah seorang temannya, mereka muncul di layar dengan wajah yang sebagian berwarna normal, sementara yang sebagiannya lagi berwarna coklat gelap. Keduanya bahkan mengubah warna lensa mata mereka menggunakan teknik photoshop dan menjadikan mata biru mereka ke warna coklat, lho.

Beauty Trend Chocolate Challenge, Berani Ikutan? | Breaktime
Vika Shapel bersama temannya dalam Chocolate Challenge

Namun aksi kedua wanita berkulit putih pucat tersebut justru mendapatkan komentar-komentar yang miring yang berdatangan dari berbagai kalangan, B’timers. Mayoritas warganet mengungkapkan, bahwa hal yang dilakukan oleh Vika Shapel tersebut tak jauh berbeda seperti tindakan rasisme. Padahal maksud dari wanita tersebut menyebarkan foto tantangan Chocolate Challenge ini untuk memprotes rasisme.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Wow, Berani Mencoba Tren Tato di Ketiak?

Dan setelah menerima aneka reaksi yang bernada negatif, Shapel pun memutuskan untuk menghapus foto tersebut dan menonaktifkan akun Instagram, Twitter dan juga YouTube miliknya, B’timers. Kendati demikian, screenshots dari foto asli tersebut sudah dengan begitu cepat menyebar di media sosial dan membuat gempar jagat maya, B’timers.

Blogger kecantikan Arnell Armon yang mem-posting ulang foto Shapel di Twitter telah mengumpulkan lebih dari 300 retweet dan juga 85 komentar. Cuitannya: “So @vika97662612 decided to post this picture whish is clearly blackface and she decided to call it “the chocolate challenge”.”

Sementara, blogger kecantikan Jasmine Brown yang turut mem-posting ulang foto tersebut menuliskan: “This ‘challenge’ doesn’t exixt because people have common sense the disrespect…”

Lebih lanjut diketahui, Shapel akhirnya meminta maaf melalui sebuah pernyataan di Yahoo Beauty. Dia ternyata hanya ingin melihat seperti apa wajahnya jika dia memiliki kulit berwarna gelap dan dalam. Ia mengatakan, tak menyadari konsep blackface sebelum membaca komentar orang-orang terkait foto itu.

Well, terlepas dari apakah challenge yang satu ini memicu perselisihan, apakah Anda berani melakukan tantangan yang satu ini B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE