Beauty Secrets dari Marie Antoinette | Breaktime
Beauty Secrets dari Marie Antoinette
09.11.2017

Jauh sebelum Prancis mengalami Revolusi Prancis dan masih menjadi salah satu kerajaan paling berkuasa di seluruh dunia selain Inggris Raya, Prancis telah dikenal kental dengan keunikan budaya dan nuansa glamor keluarga kerajaan. Sang Ratu terakhir di masa pemerintahan Kerajaan Prancis, Marie Antoinette, hingga kini masih dirayakan sebagai salah satu ikon kecantikan dunia. Konon, tiada perempuan yang jauh lebih menjunjung tinggi kecantikan dan keglamoran melebihi Marie Antoinette. Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-262 Sang Ratu Prancis, vogue.com membagikan beberapa beauty secrets Marie Antoinette yang senantiasa menjadi favorit wanita Prancis hingga kini.

Jauh sebelum Prancis ditasbihkan sebagai kiblat mode dunia, Marie Antoinette telah mengawali praktik perawatan kecantikan dengan produk unggul Eau Cosmetique de Pigeon. Diproduksi dari bahan utama rebusan burung dara yang dikombinasikan dengan sari bunga lili air, melon, timun, lemon, white wine, hingga remah-remah French rolls, ramuan alami tersebut menjadi andalan Marie Antoinette dalam membersihkan wajah. Setelah bersih, Sang Ratu akan mengaplikasikan skin toning pada wajahnya, yakni astringent favoritnya bertajuk Eau des Charmes yang konon dibuat dari tetes embun pepohonan anggur yang dipanen di bulan Mei.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Top 5 Lip Tint Terbaik Dan Tahan Lama

Tak hanya mendapatkan wajah bersih dan berkilau alami, Marie Antoinette tak pernah lupa menggunakan face mask secara rutin. Uniknya, rahasia ramuan andalan Sang Ratu tersebut masih populer secara turun-temurun di kalangan wanita Prancis hingga kini. 2 sendok teh cognac yang dieprcaya melancarkan peredaran darah dan menstimulasi kulit, 1/3 gelas susu bubuk kering yang mampu meremajakan sel kulit, 1 butir putih telur, hingga tetesan air lemon merupakan elemen terbaik yang dikombinasikan sebagai masker wajah untuk mengembalikan kilau alami dan kecantikan natural wajah.  

Beauty Secrets dari Marie Antoinette | Breaktime
Produk kecantikan yang konon menjadi bagian ritual wajib Marie Antoinette saat berdandan

B’timers yang pernah menyaksikan film Marie Antoinette besutan Sophia Coppola di tahun 2006 tentu sudah mengetahui kebiasaan Sang Ratu dalam merawat diri yang digambarkan di film tersebut. Tak hanya sekedar mandi ala kadarnya, Marie Antoinette kabarnya kerap memanjakan diri dan melepas tekanan stres sebagai Ratu Prancis di masa pergolakan politik dengan mandi berendam di wash room favoritnya di Istana Versailles. Anda bisa saja berpikir bahwa sang aktris Kirsten Dunst yang berendam sambil menikmati layanan manicure dan pedicure dari sang dayang-dayang merupakan dramatisasi belaka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tampil Percaya Diri dengan Stretch Mark Glitter

Faktanya, dalam kisah sejarah yang dituturkan Melanie Clegg di Marie Antoinette: Intimate History, Sang Ratu konon gemar menambahkan ramuan biji pinus, biji rami, dan almond manis dalam air mandi di bathtub miliknya untuk memberikan efek relaksasi pada kulit. Tak lupa, Marie Antoinette juga menggunakan produk skin exfoliating berupa kain lembut muslin pads yang berisi rice bran. Soal perawatan rambut, di balik wig kelabunya yang disasak tinggi atau ditata dengan model pompadour, Marie Antoinette sejatinya menyukai perawatan rambut natural berupa homemade hair elixir bagi rambut alaminya yang berwarna strawberry blonde. Untuk menonjolkan warna tembaga dan mengeluarkan pesona kecantikan alami rambutnya, Sang Ratu akan mengaplikasikan perawatan rambut berupa pasta alami yang berwarna ginger alami dari tanaman kunyit, kayu cendana, dan rhubarb.

Perawatan kecantikan di berbagai era berbeda tentunya dipengaruhi dengan kuat oleh beauty trends yang tengah berjaya. Sebagian besar kawasan Eropa di abad ke-18 kala itu tengah dilanda wabah cacar yang tak hanya menyisakan korban jiwa, tapi juga bekas luka berwarna gelap di wajah pasien yang beruntung masih bisa hidup. Untuk menyiasatinya, para wanita akan menyamarkan bekas cacar di wajah dengan beauty mark buatan yang terbuat dari beludru atau satin. Bentuk-bentuk khusus seperti hati, bulan, atau bintang tak hanya dijadikan hiasan, tapi juga penanda status atau identitas tertentu. Bentuk hati di pipi kanan, misalnya, mengindikasikan bahwa wanita yang mengenakannya telah menikah. Beauty mark yang diletakkan di sudut mata biasanya berfungsi untuk menggambarkan gairah. Konon, Marie Antoinette menggunakan beauty mark di dekat sudut mulutnya sebagai penanda bahwa Sang Ratu suka berciuman.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tampan Menawan Dengan Obat Jerawat Alami

Selama masa pemerintahan Marie Antoinette, di balik kemegahan Istana Versailles tersimpan bau tak sedap yang menyeruak akibat kurangnya fasilitas kamar mandi yang layak pakai. Untuk memastikan bahwa kamar tidurnya senantiasa beraroma wangi, Sang Ratu kan memenuhi ruangannya dengan rangkaian bunga segar, potpourri, hingga parfum mist fragrance dengan kandungan favoritnya ebrupa mawar, melati, sedap malam, hingga orange blossom, sekaligus mengaplikasikan minyak esensial lavender ke seluruh permukaan tubuhnya. Parfum favoritnya yang ebraroma bergamot bahkan senantiasa dibawa hingga masa tahanannya di Menara Paris. Selain parfum yang menjadi salah satu produk kecantikan esensial saat ini, beauty secret manakah dari Sang Ratu yang menginspirasi Anda, B’timers? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE