Baking Makeup, Teknik Contour a la Khardashians | Breaktime
Baking Makeup, Teknik Contour a la Khardashians
22.01.2016

Khardashians kembali membuat tren dengan teknik cooking atau baking makeup-nya. Teknik ini mampu memberikan flawless skin alias kulis mulus bagi penggunanya. Tak heran para fashion blogger dan youtuber gencar memberi tutorial serta tips melakukan baking makeup.

Sebenarnya baking makeup tidak terlalu berbeda dengan teknik contouring yang sudah B’timers kenal, hanya saja baking makeup mengandalkan concealer tebal untuk ‘memasak’ bedak di lapisan atasnya dan memberikan highlight pada wajah. Untuk lebih mudahnya, B’timers bisa mempelajari cara ini, lho!

Baking Makeup, Teknik Contour a la Khardashians | Breaktime
Tinggalkan cara lama contouring wajah
  • Siapkan alat tempur

Setidaknya B’timer harus mempersiapkan primer, concealer, eye cream, bedak tabur, makeup sponge, dan brush makeup. Memang membutuhkan banyak peralatan dan tentunya banyak waktu untuk pengaplikasian teknik ini pada wajah Anda.

  • Lembabkan area mata

Gunakan eye cream untuk melembabkan area mata, terutama di bawah mata. Baking makeup membutuhkan banyak makeup yang akan menempel di wajah, sehingga cenderung membuat kulit wajah Anda kering.

  • Baking makeup layer 1 : gunakan primer dan concealer tipis

Aplikasikan primer di seluruh wajah, tambahkan dengan pengaplikasian concealer tipis untuk meratakan warna kulit B’timers. Tutupi bekas jerawat atau bekas luka dengan concealer karena baking makeup bertujuan menciptakan flawless skin, jelas Anda tidak ingin noda di wajah terlihat, bukan? Ratakan concealer dengan menggunakan sponge.

  • Baking makeup layer 2 : highlight wajah

wajah dengan concealer bertekstur kental di area yang ingin Anda tonjolkan, seperti area bawah mata, bawah tulang pipi, tulang hidung, dahi, dan dagu. Ratakan concealer dengan menggunakan sponge.

  • Taburi area highlight dengan bedak

Ambil sponge makeup dan gunakan untuk mengambil bedak tabur, tekan-tekan sponge yang sudah berbedak pada area wajah yang sudah Anda highlight sebelumnya. Tidak perlu di-blend, cukup pastikan bedak tabur menempel dengan baik pada area highlight.

  • Saatnya ‘memasak’ wajah Anda

Biarkan suhu tubuh Anda ‘memasak’ makeup yang sudah menempel pada wajah B’timers selama 5-10 menit. Selama waktu menunggu ini, gunakan untuk merias area mata dan alis menggunakan eye shadow dan pensil alis.

  • Dust it off

Setelah makeup Anda sudah ‘matang’, saatnya menghapus kelebihan bedak pada wajah. Gunakan brush besar, sentuhkan sedikit pada bedak tabur, sapukan brush sesuai arah highlight pada wajah Anda. Blend dengan halus agar makeup Anda terlihat rapi dan tak bernoda. Lakukan contour area pipi, hidung, dan rahang untuk memberikan bayangan, dan jangan lupakan blush dan lipstik sebagai pelengkap. You’re done!

Baking Makeup, Teknik Contour a la Khardashians | Breaktime
Gunakan brush untuk menghaluskan riasan

Baking makeup sangat cocok bagi B’timers dengan kulit berminyak, karena dengan makeup super tebal akan mengeringkan kulit wajah Anda yang normal bahkan sensitif. B’timers yang membutuhkan makeup tahan lama untuk suatu acara, juga bisa menggunakan teknik ini. Baking makeup terlihat epik di foto maupun acara formal, karena pori-pori wajah Anda bisa tertutup sempurna. So, ready to try to ‘bake’ your makeup, Ladies? (ft)

Share This Article