Awas, Ini Bahaya Besar Pakai Cat Kuku Palsu! | Breaktime
Awas, Ini Bahaya Besar Pakai Cat Kuku Palsu!
24.07.2016

Kuteks menjadi salah satu penunjang penampilan menarik wanita. Dengan cat kuku para wanita bisa tampil lebih percaya diri. Sayangnya, Anda jangan menutup mata juga bahwa cat kuku memiliki dampak yang cukup berbahaya apalagi jika menggunakan produk palsu.

Bagi sebagian wanita, memang cukup berhati-hati dalam membeli kuteks. Namun, kehati-hatian tidak selama membuat Anda selamat dari hal buruk. Akan selalu ada saja oknum yang dengan tega membuat kuteks palsu dengan bahan yang sangat berbahaya untuk kesehatan.

Dalam cat kuku palsu, terdapat bahan kimia jahat seperti toluene, dibutyl phtlate dan formadehyde. Bahan tersebut membuat kuku kuning, menghitam sekaligus menimbulkan jamur. Dalam penggunaan yang lama, cat kuku tersebut menyebabkan asma, memicu kanker, bahkan berisiko bayi lahir cacat. Bahaya banget kan, B’timers!

Namun, jangan khawatir. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi cat kuku tersebut asli atau palsu. Felly Oktavia, Public Relations OPI Indonesia memberikan penjelasan singkat terkait ciri-ciri cat kuku asli dan palsu. “Sebenarnya ciri-ciri cat kuku bisa dilihat dari bentuk botol yang asimetris, tempelan sticker yang miring, sablonan tulisan mudah hilang, dan tekstur yang gampang kental,” terangnya.

Awas, Ini Bahaya Besar Pakai Cat Kuku Palsu! | Breaktime
Perhatikan aroma dan teksturnya

Untuk lebih jelasnya, Breaktime akan berbagi tips, trik dan cara membedakan cat kuku asli dan palsu sebelum memutuskan untuk membeli kuteks.

Aroma

Ketika membeli kuteks, perhatikan aroma dari kuteks tersebut. Biasanya kuteks palsu memiliki aroma yang sangat menyengat, sehingga jika Anda menemukan aroma kuteks yang menyengat Sebaiknya tidak digunakan karena berbahaya bagi kuku Anda.

Perhatikan warnanya

Memerhatikan warna kuteks juga perlu dilakukan untuk menghindari membeli produk palsu. Jika warna kuteks yang digunakan cepat memudar, artinya Anda harus menghentikan pemakaiannya karena hal itu menandakan kuteks tersebut palsu.

Awas, Ini Bahaya Besar Pakai Cat Kuku Palsu! | Breaktime
Warna yang mudah pudar berarti kuteks Anda palsu

Hati-hati brand besar yang dipalsukan

Biasanya seorang wanita memilih kuteks karena brand-nya sudah dikenal. Tetapi jangan salah karena sekarang banyak produk cat kuku dengan brand terkenal yang juga dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Agar tidak terkecoh dengan produk palsu dengan brand terkenal ini, maka perhatikan bentuk botol, tulisan nama brand, tutup botol hingga kuas untuk mengoleskan kuteks ke kuku. Seperti yang disebutkan oleh Felly di atas.

Well, itulah informasi tentang bahaya kuteks palsu. Anda tentu tidak sembarangan beli kuteks murah di pasaran juga kan, B’timers? (nap)

Share This Article